Apa Itu Fitur Hill Start Assist & Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu Fitur Hill Start Assist & Bagaimana Cara Kerjanya

Setiap mobil selalu memiliki fitur keselamatan, baik itu mobil keluaran terbaru atau lama. Bedanya jika mobil keluaran baru telah dilengkapi dengan fitur keselamatan yang sudah maju, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), maupun Hill Start Assist (HSA).

Hill Start Assist (HSA) merupakan fitur pada sistem rem yang menahan mobil agar tidak bergerak mundur saat perpindahan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Dengan fitur ini, bisa mencegah pengemudi agar tidak bergerak mundur saat berada di tanjakan. Untuk penjelasan lebih detailnya mengenai Hill Start Assist (HSA) dan bagaimana cara kerjanya. Simak informasi di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Apa Itu ABS, EBD, BA, dan ESC?

Pengertian Hill Start Assist (HSA)

Pengertian Hill Start Assist
Pengertian Hill Start Assist

Hill Start Assist merupakan fitur yang berguna untuk menahan suatu mobil saat berada di tanjakan. Mobil yang telah dilengkapi dengan fitur ini akan bisa mendeteksi apabila sedang berada pada jalan tanjakan. Tidak hanya itu saja, sensornya bisa mendeteksi arah putaran roda meskipun kecepatannya sangat lambat hingga diam.

Saat mobil tidak lagi bisa menanjak, sementara roda ban mobil berputar mundur atau sewaktu pengemudi melepaskan injakan rem ketika berada di tanjakan, maka mobil akan mengerem secara otomatis. Sehingga kendaraan tidak akan mundur.

Namun apabila pengemudi menginjak gas lagi, maka secara otomatis akan melepaskan rem tersebut selaras dengan injakan gas. Tentunya ini akan membantu kenyamanan kamu sekaligus keselamatan kamu dalam berkendara. Setelah kamu mengetahui definisi dari Hill Start Assist, maka sekarang HSR Wheel akan memberitahu kamu cara kerja dari fitur HSA ini. Simak informasi di bawah ini ya!

Cara Kerja Hill Start Assist (HSA)

Cara Kerja Fitur Hill Start Assist
Cara Kerja Fitur Hill Start Assist

Setelah kamu mengetahui apa itu Hill Start Assist dan perannya. Sekarang, HSR Wheel akan membahas mengenai cara kerja Hill Start Assist (HSA). Cara kerja Hill Start Assist adalah dengan menunda terlepasnya rem mobil setelah pedal rem dilepaskan ketika mobil berhenti di tanjakan.

Sehingga akan memudahkan pengendara untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas dan menekan gas sebelum mobil terlepas dari kondisi pengereman. Setelah itu, rem terlepas secara otomatis.

Rem terlepas secara otomatis saat mobil mulai bergerak maju. Mekanisme kerja fitur HSA modern adalah dengan memakai dua sensor. Sensor pertama merupakan sensor yang secara terintegrasi membaca kondisi menanjak yang diindikasikan ketika bagian depan mobil lebih tinggi dari bagian belakang.

Kemudian pada sensor kedua berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda. Sensor ini akan memberi informasi pada sistem pengereman untuk melepaskan rem secara otomatis sesuai tekanan gas yang diberikan pengemudi (disengaging mechanism).

Kesimpulan

Berdasarkan paragraf di atas, dapat disimpulkan adalah fitur HSA memilik peran penting untuk menahan  mobil agar tidak mundur saat sedang berada di tanjakan. Tidak hanya itu saja, sensornya bisa mendeteksi arah putaran roda meskipun kecepatannya sangat lambat hingga diam.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan