Kategori: Pilihan Editor

Kenali Apa Itu Odometer Pada Mobil

Orang awam mungkin kurang familiar dengan istilah otomotif ini. Biasanya, orang lebih banyak mengetahui spidometer dibandingkan dengan odometer. Ditambah, terkadang banyak juga orang yang belum paham mengenai indikator di instrument cluster, sehingga banyak yang salah mengartikannya. Jadi sebenarnya apa itu odometer?

Apa itu Odometer?

Odometer adalah alat penunjuk jarak tempuh kendaraan yang terletak di panel meter dasbor mobil. Persisnya, odometer berada dekat dengan bundaran informasi soal kecepatan mobil (spidometer), putaran mesin mobil (takometer), dan jumlah bensin (fuel level).

Biasanya, odometer juga digunakan sebagai indikator untuk jangka waktu service atau penggantian oli. Cara kerja odometer terbagi menjadi dua, yaitu secara mekanik (analog) dan elektronik. Odometer yang bekerja secara mekanik mengandalkan bundaran-bundaran yang bergerak secara mekanis. Sedangkan untuk elektronik angka-angkanya sudah tersedia di layar elektronik panel meter.

Fungsi dari odometer sendiri untuk mengetahui berapa jumlah jarak yang telah ditempuh dari awal kendaraan tersebut hingga saat ini. Satuan yang digunakan odometer berupa kilometer (KM). Artinya, jika odometer menunjukan angka 40456, maka kendaraan telah menempuh jarak sebanyak 40.456 KM.

Angka yang tertera di odometer seringkali dijadikan pertimbangan penting ketika ingin membeli mobil bekas. Sebab, odometer menggambarkan mobil tersebut telah menempuh jarak yang pendek atau yang sangat jauh. Jika jarak yang sudah ditempuh sangat jauh, maka mobil biasanya sudah tidak bertenaga lagi.

Tanda Odometer Tidak Normal

Beberapa oknum yang tidak bertanggungjawab sengaja memutar atau mengutak-atik odometer mekanik maupun elektronik agar angka kilometernya terlihat masih muda dan fit.

Odometer mekanik dan elektronik memang dapat dibuat menjadi lebih muda kembali, istilahnya “dimundurkan”. Odemeter analog bisa dilakukan secara manual, sedangkan untuk yang digital terdapat software khusus untuk mengubahnya.

Untuk melihat tanda dari odometer yang tidak normal, cukup mudah jika dilakukan pada odometer mekanis. Sebab, pasti akan ada jejak tanda jika odometer dibuka secara manual. Namun, berbeda dengan odometer elektronik, sebab lebih sulit untuk dideteksi dan harus ditangani oleh ahli khusus.

Dampak dari odometer yang tidak normal atau dimundurkan, akan membuat jadwal service berkala menjadi berantakan. Tentu saja hal ini dapat membahayakan keselamatan pengendara. Itulah penjelasan mengenai apa itu odometer.

Pos Terbaru

Pakai Ban Beda Merek, Apakah Aman?

Ban adalah salah satu komponen yang perannya sangat penting dalam menunjang keselamatan. Maka, ban yang… Read More

11 jam lalu

Ingin Ganti Wiper? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Wiper adalah komponen yang sangat penting dalam menunjang visibilitas pengemudi, apalagi ketika berkendara dalam cuaca… Read More

2 hari lalu

Biaya Resmi Bayar Pajak Plat Nomor Cantik

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat mobil dengan plat nomor cantik dengan angka… Read More

2 hari lalu

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

4 hari lalu

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

1 minggu lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

1 minggu lalu