Apa Itu PCD Mobil & Bolehkah Mengganti Ukuran PCD?

Apa Itu PCD Mobil

Apa Itu PCD Mobil – Kualitas kaki-kaki mobil memang sangat penting untuk dijaga, namun untuk sisi estetika tentu saja perlu diperhatikan. Inilah alasan kenapa banyak orang yang ingin mengganti velg mobil yang memiliki desain ganteng dan juga berkualitas. Di dalam velg sendiri ada yang namanya PCD, tahukah Haiser apa itu PCD dalam velg mobil?

PCD sendiri adalah akronim dari Pitch Circle Diameter. Informasi yang umum diketahui oleh banyak orang terkait velg adalah sebatas ukuran inci velg mobil tersebut. Ukuran velg mobil sendiri cukup banyak, mulai dari velg mobil ring 14, 15, 16, 17, hingga ring 22. Namun, sebagai pemiliki mobil, kamu tidak hanya perlu mengetahui ukuran velg mobil saja, namun juga mengetahui ukuran PCD velg yang dimiliki.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa mengecek informasi lengkapnya di bawah ini :

Apa Itu PCD?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PCD adalah sebuah akronim dari Pitch Circle Diameter. Istilah lain dari PCD juga disebut dengan sebutan stud pattern atau bolt pattern. Secara sederhana, penjelasan PCD ini merupakan jarak antar lubang baut roda yang terdapat pada sebuah velg.

Untuk bisa mengukurnya, kamu hanya perlu mengambil titik terlurus dari setiap lubang baut roda. Jika ada empat baut, maka yang diukur adalah setiap lubang baut roda yang berseberangan. Lalu, bagaimana jika ada lima baut? Kamu hanya perlu menarik garis antar lubang baut roda yang ada di seberangnya saja.

Untuk pengukuran jarak antar lubang, kamu bisa menggunakan satuan millimeter. Ukuran standar PCD pada barisan mobil biasanya adalah 100 mm. Biasanya ukuran 100 mm ini terdapat pada mobil berjenis sedan kecil ataupun LCGC. Sebut saja seperti Toyota Yaris dan mobil lainnya yang masih satu jenis.

Mengganti Ukuran PCD, Bolehkah?

Lalu, bagaimana apabila kamu ingin mengubah PCD velg mobil kamu, boleh kah? Sebenarnya kamu bisa melakukan hal tersebut dengan membawaya mobil ke bengkel. Namun, melakukan kustomisasi ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Alasan utamanya adalah mengubah PCD asli ini dapat membuat faktor keselamatan berkendara akan ikut terpengaruh. Tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan meningkatnya risiko hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dapat terjadi.

Belum lagi apabila kamu melakukan penggantian PCD ini bukan kepada pihak yang menguasainya, bisa jadi malah kaki-kaki mobil kamu akan menjadi rusak. Inilah alasan kenapa perubahan ini tidak disarankan, dan sebaiknya ikuti saja desain PCD yang sudah ada yang berasal dari pabrikan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan