Apa Saja Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Elektrik?

Mobil hybrid dan mobil elektrik sepintas memang terlihat tidak memiliki perbedaan karena sama-sama menggunakan tenaga yang ramah lingkungan. Namun, tetap saja keduanya memiliki perbedaaan. Apa saja sih perbedaan mobil hybrid dan mobil elektrik?

Perbedaan Mobil Hybrid dan Mobil Elektrik

Mobil listrik merupakan kendaraan yang digerakkan oleh sebuah motor listrik yang energinya didapatkan dari baterai atau energi listrik. Artinya motor listrik merupakan komponen utama dari mobil listrik. Selain itu, ada beberapa komponen pendukung lainnya seperti platform, controller motor listrik, dan juga sistem pengisian batrerai yang menggunakan sistem manajemen baterai. Akan tetapi, yang perlu diingat bahwa baterai mobil listrik bisa diisi ulang untuk digunakan kembali.

Sedangkan, mobil hybrid terbagi menjadi dua mesin, yaitu paralel dan series. Terbaginya dua jenis sumber energi artinya terbagi juga dua jenis penggeraknya. Namun, sumber energinya tetap berasal dari motor pembakaran dalam.

Series hybrid menggunakan komponen motor pembakaran bukan untuk menjalankan mobil, melainkan digunakan hanya untuk memutar generator. Tenaga yang dihasilkan tersebut akan disalurkan untuk menggerakan motor listrik.

Sehingga, berbeda dari mobil listrik, mobil hybrid memiliki 2 komponen mesin, yaitu mesin bakar dan motor listrik dengan beberapa komponen pendukung lainnya seperti sistem transmisi daya, motor listrik, baterai, controller motor listrik, platform, dan memiliki controller khusus untuk sistem hybrid.

Sebenarnya, mobil hybdrid terbagi menjadi dua jenis cara pengisian baterainya, yaitu hybrid dan plugin hybrid. Perbedaannya, jika hybrid mengisi baterai dari deselerasi sedangkan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) mengisi baterainya bisa melalui proses charging dari listrik rumah.

inilah perbedaan mobil hybrid dan mobil elektrikKekurangan dan Kelebihan Mobil Hybrid serta Mobil Elektrik

Mobil hybrid dan mobil elektrik tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut di bawah ini penjelasannya.

Mobil Hybrid

Mobil Hybrid memiliki beberapa kelebihan seperti irit bahan bakar, rendah emisi gas buang, rendah suara mesin, minim getaran, dan memiliki performa yang baik khususnya  dalam meningkatkan akselerasi dan kecepatan.

Untuk kekurangannya, mobil hybrid dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu, memiliki sistem kelistrikan yang rumit dengan biaya perbaikan yang mahal, ditambah mobil hybrid sangat sunyi ketika digunakan yang dapat membahayakan ketika digunakan ke jalanan.

Mobil Elektrik

Mobil elektrik juga memiliki kelebihan irit bahan bakar. Selain itu, lebih hemat energi saat berada di tenga-tengah kondisi kemacetan. Ditambah memiliki emisi karbon lebih sedikit, dan sangat mudah jika ingin melakukan perawatan.

Untuk kekurangannya sendiri, mobil ini sulit didapatkan dan memiliki jarak yang terbatas hingga 120 km saja. Selain itu, waktu pengisian energinya relatif lama dan harga baterai yang tergolong mahal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan