Apa Sih Perbedaan Formula E dan Formula 1?

perbedaan formula e dan formula 1

Ajang balap Formula E sebentar lagi digelar pada 4 Juli 2022 di Sirkuit E-Prix Ancol dengan panjang lintasan 2.4 kilometer. Formula E terinspirasi dari ajang bapalan Formula 1. Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Mobil-mobil Formula 1 terkenal dengan kebisingannya, sementara mobil yang digunakan untuk ajang balap Formula E hampir tidak mengeluarkan suara bising. Lantas apakah kecepatan mobil Formula E sama cepatnya dengan Formula 1 dan apa saja perbedaan Formula E dan Formula 1?

Baca Juga: 5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia 2022, Siapakah Juaranya?

Perbedaan Formula E dan Formula 1

formula e vs formula 1

Formula E merupakan ajang lomba mobil listrik. ajang balapan formula E pertama kali didirikan oleh Jean Todt pada tahun 2011 yang telah diresmikan oleh ABB FIA Formula E World Champions. Perlombaan balapan mobil listrik ini terinspirasi dari ajang lomba balapan Formula 1.

Meski begitu, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang begitu mencolok terletak pada jenis mobilnya. Ajang balap formula 1 menggunakan mobil berbahan bensin, sedangkan Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik. Sehingga Formula E lebih ramah lingkungan dari Formula 1.

Dari segi kecepatan, ajang balapan Formula 1 lebih cepat daripada ajang balap Formula E. Formula 1 untuk mencapai kecepatan 100 km/jam membutuhkan waktu sekitar 2.1 detik. Sedangkan Formula E membutuhkan waktu selama 3 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari titik awal.

Panjang lintasan Formula 1 lebih panjang daripada Formula E. Kenapa panjang sirkuit Formula E hanya 2,4 km? Karena gaya balap Formula 1 durasi balapnya lebih lama daripada Formula E. Sehingga panjang lintasan Formula E, setengah dari panjang sirkuit Formula 1

Baca Juga: 3 Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan