Tips Otomotif

Apa Sih Perbedaan Mobil Matic dan Manual?

Beda Mobil Matic dan Manual- Saat kamu ingin membeli sebuah mobil dan masih bingung ingin membeli mobil manual atau mobil matic. Mobil matic dan manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila kamu ingin menggunakan mobil yang serba praktis maka mobil matic adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika kamu ingin membeli mobil dengan pengeraman yang lebih efisiensi maka mobil manual adalah pilihannya. Berikut ini perbedaan mobil manual dan matic yang wajib kamu tahu, sebelum membeli sebuah mobil. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Menghemat Konsumsi Bensin Mobil

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

 

1. Segi Kenyamanan

Dari segi kenyamanan. mobil matic lebih unggul daripada mobil manual khususnya saat kamu berada dalam keadaan macet.  Karena pengemudi tidak perlu repot-repot untuk menginjak kopling dan mengganti gigi. Karena telah didesain untuk bekerja secara otomatis mengikuti rpm mesin dan beban mobil.

Selain itu, untuk transmisi mobil matic lebih nyaman khususnya untuk model continuously variable transmission (CVT). Pada model itu, pengemudi tidak perlu untuk memindahkan gigi sama sekali.

2. Segi Pengoperasian

Dari segi pengoperasian, mobil matic lebih mudah daripada mobil manual. Pada mobil matic, pengemudi tidak perlu repot-repot untuk memainkan koplingnya. Pengemudi hanya perlu mengaktifkan mesin, menginjak rem, dan memindahkan transmisi ke posisi D.

Hal ini tentu berbeda dengan mobil manual. Pada mobil manual seluruh anggota tubuh dari kaki dan tangan ikut bergerak. Untuk mengoperasikannya, kamu perlu untuk menginjak kopling dan memindahkan tuas transmisi.  Sehingga terjadi perpindahan gigi.

3. Pengeraman

Dari segi pengereman maka mobil manual lebih unggul daripada mobil matic. Karena mobil manual memiliki pengereman yang lebih halus dibandingkan dengan mobil matic. Pada mobil matic tidak terdapat engine brake dan parsneling.

Oleh karena itu,  kamu harus hati-hati saat mengerem di area yang menanjak, seperti pegunungan, bukit, dan lain sebagainya. Selain itu, menggunakan mobil matic untuk area yang menurun juga berbahanya karena daya cengkraman rem pada mobil matic tidak akan kuat.

Tidak hanya itu juga, untuk mobil matic ketika pengemudi melaju dalam kecepatan yang tinggi dan ingin melakukan pengereman maka akan lebih lambat daripada mobil manual. Akibat sering melakukan pengeraman pada mobil matic bisa menyebabkan kampasnya akan cepat aus.

4. Konsumsi BBM Mobil Matic

Mobil matic dikenal dengan boros BBM daripada mobil manual. Karena transmisi pada mobil matic meningkatkan kinerja mesin. Ketika mesin mobil bekerja lebih berat maka akan mempengaruhi komponen yang lainnya. Akibatnya mobil akan mengeluarkan bahan bakar minyak yang lebih banyak.

Selain itu, pada mobil manual terdapat beberapa gigi yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar pada mobil manual menjadi lebih irit daripada mobil matic.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Konsumsi BBM Pada Mobil Matic

4. Dari Segi Performa

Jika dilihat dari segi performa maka mobil manual lebih unggul daripada mobil matic. Karena kecepatan mobil manual lebih cepat daripada mobil matic. Pada mobil manual, pengemudi bisa mengatur sendiri kecepatan dan parsneling kendaraan. Selain itu, pada mobil manual mempunyai lebih banyak gigi percepatan sehingga lebih ramah terhadap kecepatan.

5.  Perawatan Mobil Matic dan Mobil Manual

Dari segi perawatannya mobil manual lebih murah daripada mobil matic. Karena pada mobil matic harus dilengkapi dengan pompa, komponen elektrikal, dan mekanisme pendingin. Hal inilah yang menyebabkan biaya perawatan pada mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Terlebih lagi jika terdapat kerusakan pada mobil matic maka harus mengganti komponennya.

Saat kamu merawat mobil matic maupun manual maka harus memperhatikan dua hal, yaitu pergantian oli transmisi dan kuantitas bengkel atau teknis. Untuk mobil matic sebaiknya mengganti oli transmisi secara rutin dan mengganti plat kopling otomatis jika sudah menempuh jarak 50.000 km. Tujuaanya agar performa kendaraan tetap terjaga.

Untuk memudahkan kamu memahaminya. Berikut ini ringkasannya mengenai perbedaan mobil matic dan manual.

Kelebihan Mobil Matic

  • Cocok untuk pemula
  • Lebih nyaman digunakan
  • Lebih mudah dioperasikan tanpa perlu memainkan kopling
  • Lebih mudah digunakan meskipun kondisi jalanan yang macet

Kekurangan Mobil Matic

  • Harga mahal
  • Biaya perawatannya lebih mahal
  • Lebih boros konsumsi BBM
  • Tidak cocok digunakan untuk pergi ke jalanan yang naik turun
  • Tidak terdapat engine brake dan parsneling.

Kelebihan Mobil Manual

  • Biaya Perawatan lebih murah
  • Telah memiliki engine brake dan pasneling, sehingga daya cengkraman rem mobil lebih kuat
  • Lebih hemat BBM
  • Akselerasi mobil lebih cepat daripada mobil matic

Kekurangan Mobil Manual

  • Tidak cocok digunakan untuk pemula
  • Sulit dioperasikan karena harus bisa mengatur gigi mobil
  • Kurang nyaman saat digunakan khususnya saat jalanan macet

Sekarang kamu sudah tau kan perbedaan mobil manual dengan mobil matic. Setelah kamu mengetahui perbedaan diantara keduanya. Kamu mau milih membeli mobil matic atau mobil manual?

Baca Juga: Cara Menghemat Konsumsi BBM Pada Mobil Manual

 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022