Apa Sih Perbedaan Mobil Matic dan Manual?

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Beda Mobil Matic dan Manual- Saat kamu ingin membeli sebuah mobil dan masih bingung ingin membeli mobil manual atau mobil matic. Mobil matic dan manual memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila kamu ingin menggunakan mobil yang serba praktis maka mobil matic adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika kamu ingin membeli mobil dengan pengeraman yang lebih efisiensi maka mobil manual adalah pilihannya. Berikut ini perbedaan mobil manual dan matic yang wajib kamu tahu, sebelum membeli sebuah mobil. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Menghemat Konsumsi Bensin Mobil

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

 

1. Segi Kenyamanan

Dari segi kenyamanan. mobil matic lebih unggul daripada mobil manual khususnya saat kamu berada dalam keadaan macet.  Karena pengemudi tidak perlu repot-repot untuk menginjak kopling dan mengganti gigi. Karena telah didesain untuk bekerja secara otomatis mengikuti rpm mesin dan beban mobil.

Selain itu, untuk transmisi mobil matic lebih nyaman khususnya untuk model continuously variable transmission (CVT). Pada model itu, pengemudi tidak perlu untuk memindahkan gigi sama sekali.

2. Segi Pengoperasian

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Dari segi pengoperasian, mobil matic lebih mudah daripada mobil manual. Pada mobil matic, pengemudi tidak perlu repot-repot untuk memainkan koplingnya. Pengemudi hanya perlu mengaktifkan mesin, menginjak rem, dan memindahkan transmisi ke posisi D.

Hal ini tentu berbeda dengan mobil manual. Pada mobil manual seluruh anggota tubuh dari kaki dan tangan ikut bergerak. Untuk mengoperasikannya, kamu perlu untuk menginjak kopling dan memindahkan tuas transmisi.  Sehingga terjadi perpindahan gigi.

3. Pengeraman

Cara Menghemat BBM Mobil Matic

Dari segi pengereman maka mobil manual lebih unggul daripada mobil matic. Karena mobil manual memiliki pengereman yang lebih halus dibandingkan dengan mobil matic. Pada mobil matic tidak terdapat engine brake dan parsneling.

Oleh karena itu,  kamu harus hati-hati saat mengerem di area yang menanjak, seperti pegunungan, bukit, dan lain sebagainya. Selain itu, menggunakan mobil matic untuk area yang menurun juga berbahanya karena daya cengkraman rem pada mobil matic tidak akan kuat.

Tidak hanya itu juga, untuk mobil matic ketika pengemudi melaju dalam kecepatan yang tinggi dan ingin melakukan pengereman maka akan lebih lambat daripada mobil manual. Akibat sering melakukan pengeraman pada mobil matic bisa menyebabkan kampasnya akan cepat aus.

4. Konsumsi BBM Mobil Matic

Cara Mengemat Bensin

Mobil matic dikenal dengan boros BBM daripada mobil manual. Karena transmisi pada mobil matic meningkatkan kinerja mesin. Ketika mesin mobil bekerja lebih berat maka akan mempengaruhi komponen yang lainnya. Akibatnya mobil akan mengeluarkan bahan bakar minyak yang lebih banyak.

Selain itu, pada mobil manual terdapat beberapa gigi yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar pada mobil manual menjadi lebih irit daripada mobil matic.

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Konsumsi BBM Pada Mobil Matic

4. Dari Segi Performa

Cara Menghemat BBM Mobil Matic

Jika dilihat dari segi performa maka mobil manual lebih unggul daripada mobil matic. Karena kecepatan mobil manual lebih cepat daripada mobil matic. Pada mobil manual, pengemudi bisa mengatur sendiri kecepatan dan parsneling kendaraan. Selain itu, pada mobil manual mempunyai lebih banyak gigi percepatan sehingga lebih ramah terhadap kecepatan.

5.  Perawatan Mobil Matic dan Mobil Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Dari segi perawatannya mobil manual lebih murah daripada mobil matic. Karena pada mobil matic harus dilengkapi dengan pompa, komponen elektrikal, dan mekanisme pendingin. Hal inilah yang menyebabkan biaya perawatan pada mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Terlebih lagi jika terdapat kerusakan pada mobil matic maka harus mengganti komponennya.

Saat kamu merawat mobil matic maupun manual maka harus memperhatikan dua hal, yaitu pergantian oli transmisi dan kuantitas bengkel atau teknis. Untuk mobil matic sebaiknya mengganti oli transmisi secara rutin dan mengganti plat kopling otomatis jika sudah menempuh jarak 50.000 km. Tujuaanya agar performa kendaraan tetap terjaga.

Untuk memudahkan kamu memahaminya. Berikut ini ringkasannya mengenai perbedaan mobil matic dan manual.

Kelebihan Mobil Matic

  • Cocok untuk pemula
  • Lebih nyaman digunakan
  • Lebih mudah dioperasikan tanpa perlu memainkan kopling
  • Lebih mudah digunakan meskipun kondisi jalanan yang macet

Kekurangan Mobil Matic

  • Harga mahal
  • Biaya perawatannya lebih mahal
  • Lebih boros konsumsi BBM
  • Tidak cocok digunakan untuk pergi ke jalanan yang naik turun
  • Tidak terdapat engine brake dan parsneling.

Kelebihan Mobil Manual

  • Biaya Perawatan lebih murah
  • Telah memiliki engine brake dan pasneling, sehingga daya cengkraman rem mobil lebih kuat
  • Lebih hemat BBM
  • Akselerasi mobil lebih cepat daripada mobil matic

Kekurangan Mobil Manual

  • Tidak cocok digunakan untuk pemula
  • Sulit dioperasikan karena harus bisa mengatur gigi mobil
  • Kurang nyaman saat digunakan khususnya saat jalanan macet

Sekarang kamu sudah tau kan perbedaan mobil manual dengan mobil matic. Setelah kamu mengetahui perbedaan diantara keduanya. Kamu mau milih membeli mobil matic atau mobil manual?

Baca Juga: Cara Menghemat Konsumsi BBM Pada Mobil Manual

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan