Apa Yang Dimaksud PCD Pada Velg Mobil

PCD

PCD – Velg adalah komponen terpenting dari mobil selain ban mobil dan komponen-komponen yang lainnya. Velg adalah bagian yang menarik untuk dimodifikasi. Selain untuk mempercantik tampilan luar mobil, modifikasi velg juga bisa meningkatkan performa mobil.

Namun, sebelum kamu melakukan modifikasi velg mobilmu, maka kamu harus mengetahui istilah Pitch Circle Diameter, ET, dan cara mengukur Pitch Circle Diameter. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan menjelaskan mengenai apa itu PCD pada velg mobil dan bagaimana cara mengukurnya. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Membaca Ukuran Velg Mobil Agar Tidak Salah Modifikasi

Apa itu PCD pada Velg Mobil?

PCD

 

PCD atau Pitch Circle Diameter adalah diameter lubang baut di bagian tengah velg. Istilah lainnya adalah bolt pattern atau stud pattern. Satuan yang digunakan pada Pitch Circle Diameter adalah milimeter. Ukuran Pitch Circle Diameter berpatokan pada beban dan tenaga pada mobil.

Cara mengukur Pitch Circle Diameter adalah dengan menarik garis lurus antara dua lubang yang terjauh dan dihitung dalam satuan milimeter. Ukuran Pitch Circle Diameter bermacam-macam ada yang 5 x 114,3, 8 x 100 -114.3, 4 x 100 dan lain sebagainya.

Apabila tertulis Pitch Circle Diameter 4 x 100, artinya velg tersebut terdiri dari 4 baut dengan jarak diameter bautnya 100 mm. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai DAFTAR UKURAN PCD DAN MOBILNYA maka kamu bisa mengklik tulisan tersebut untuk mengenal lebih jauh mengenai Pitch Circle Diameter. Nama lain dari Pitch Circle Diameter adalah hole atau lubang,

Selain mengenal apa itu Pitch Circle Diameter maka kamu juga harus mengenal ET / Offset. Offset adalah ketebalan permukaan sebuah velg. Semakin besar ukuran ET maka semakin keluar dari bibir pelek dan semakin kecil ukuran ET maka akan semakin ke dalam dari bibir velg.

Nah itu dia guys apa itu PCD dan bagaimana cara mengukurnya. Jika kamu ingin modifikasi velg mobil maka kamu bisa membelinya pada HSR Wheel. Karena HSR Wheel selalu menjaga kualitas produknya agar konsumen selalu nyaman menggunakan produknya. Selain itu, HSR Wheel juga sudah bersetifikat internasional dan sudah berstandar SNI, JWL, dan VIA. Selain membeli velg baru, kamu juga bisa membeli velg bekas yang lebih murah. Sehingga bisa lebih banyak menghemat uang. Kamu bisa membelinya pada Bursa Second Velg yang ada di kotamu.

Baca Juga: Apa Itu PCD Mobil & Bolehkah Mengganti Ukuran PCD?

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan