Apa yang Harus Dilakukan Ketika Pecah Ban Mobil di Jalan

Pecah ban mobil dijalan, merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Biasanya, hal tersebut terjadi akibat kurangnya pemahaman pengemudi dalam mengghadapi kejadian tersebut.

Untuk menghindari kecelakaan akibat pecah ban mobil dijalan ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan. Disini kami akan sedikit memberikan langkah apa saja yang harus dilakukan ketika mengalami kejadian pecah ban dijalan.

Langkah Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Pecah Ban di Jalan

  • Jangan panik
  • Penyebab utama terjadinya kecelakaan akibat pecah ban mobil saat dikendarai adalah kepanikan. Biasanya pengemudi akan merasa kaget saat mendengar letusan dan mobil yang dikendarai terasa oleng. Bila terjadi hal tersebut, sebisa mungkin untuk segera menguasai keadaan dan berusaha untuk tidak panik.

    • Hindari Melakukan Pengereman Secara Langsung

    Hal yang paling sering dilakukan ketika merasa panik, pastinya akan langsung menginjak pedal rem. Kalau kamu sudah bisa menguasai rasa panik yang kamu alami, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah menghindari pengereman yang dilakukan secara mendadak. Kemudian menurunkan tekanan pedal gas secara perlahan untuk mengurangi kecepatan mobil.

    • Tetap Memegang Kemudi Dengan Erat

    Saat terjadi ban pecah, kondisi mobil akan terasa oleng. Karena itu jangan langsung melepas kemudi, pertahankan kondisi mobil tetap berjalan lurus.

    • Nyalakan Lampu Sein Untuk Menepi

    Nyalakan lampu sein untuk memberitahu kepada kendaraan lain arah mobil yang kamu kendarai tersebut akan bergerak kearah tepian jalan.

    • Nyalakan Lampu Hazard (Lampu Darurat)

    Saat mobil sudah melaju di bagian tepi jalan, pastikan kamu menyalakan lampu hazard untuk memberitahukan bahwa mobil yang kamu kendarai sedang mengalami masalah.

    • Lakukan Pengereman Secara Perlahan

    Ketika laju mobil yang kamu kendarai sudah mulai berkurang, lakukan pengereman secara perlahan hingga mobil benar-benar berhenti.

    Ketika mengalami kejadian pecah ban dijalan, hal yang paling sulit adalah mengatasi rasa panik. Namun, setelah mampu menguasai rasa panik yang dialami, langkah selanjutnya akan lebih mudah untuk dilakukan. Semoga, informasi ini bisa membantu kalian saat mengalami kejadian ini.

    Cegah Pecah Ban Dijalan Dengan Perawatan Ban Secara Teratur

    Merawat Ban Mobil

    Siapapun pastinya tidak ingin mengalami kejadian tersebut, dan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya pecah ban mobil saat dikendarai adalah melakukan perawatan ban secara teratur.

    Selain meminimalisir terjadinya pecah ban mobil, perawatan yang dilakukan juga bisa memperpanjang umur pemakaian ban hingga batas usia ban secara maksimal.

    Selain perawatan, pemilihan ban yang tepat juga menjadi faktor paling penting. Untuk mendapatkan ban dengan kualitas terbaik, TKB Group Indonesia yang merupakan salah satu dari distributor utama ban Accelera, Forceum, Zeetex siap membantu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan