Kategori: Tips Otomotif

Apakah Air Hujan Berbahaya untuk Mobil?

Apakah benar air hujan untuk mobil berbahaya? Nah, sebenarnya air hujan mengandung garam yang dapat menimbulkan berbagai masalah pada mobil. Terutama pada bagian body mobil. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang sangat memperhatikan tampilan mobil kamu. Dengan demikian, kamu perlu melakukan sejumlah cara untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Air Hujan Berbahaya untuk Mobil

Sebelum mengetahui cara merawatnya, kamu perlu tahu terlebih dahulu bahaya apa yang ditimbulkan pada mobil akibat terkena air hujan. Berikut ini penjelasannya.

Timbulnya Jamur Pada Body Mobil

Air hujan mengandung garam yang bersifat asam. Kandungan tersebut mengandung PH, yakni antara 3 sampai 5. Dengan demikian, kandungan tersebut dapat membuat body mobil berkarat dan juga dapat memicu timbulnya jamur pada bagian body mobil.

Cat Mobil Rusak

Jika air hujan yang menempel pada mobil dan tidak segera dibersihkan, maka dapat menyebabkan terjadinya korosi. Sebab, kandungan asam yang terkandung pada air hujan dapat membuat cat mobil rusak.

Pencegahan Jika Mobil Terkena Air Hujan

Setelah mengetahui bahaya yang ditimbulkan untuk mobil akibat terkena air hujan, maka kamu perlu mengetahui beberapa cara untuk mencegah hal tersebut. Nah, simak berikut ini penjelasannya.

Langsung Membersihkan Body Mobil

Setelah terkena hujan, kamu harus segera membersihkannya. Jangan sampai kamu membiarkan air hujan tersebut mengering. Sebab, hal tersebut akan meninggalkan bekas pada body mobil. Bahkan, dapat merusak cat pada body mobil kamu. 

Begitu pula pada bagian velg mobil. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang memperhatikan penampilan mobil. Sebab, kandungan zat asam pada air hujan juga bisa menyebabkan velg berkarat. Maka, kamu harus mengelap velg mobil agar terhindar dari korosi.

Jangan Langsung Mengelapnya

Nah, ketika mobil kamu masih dalam kondisi basah akibat diguyur hujan, sebaiknya kamu jangan langsung mengelapnya. Sebab, dapat menimbulkan goresan pada cat body mobil.

Cek Bagian Dalam Mesin

Selain langsung membersihkannya, kamu juga harus memeriksa bagian dalam mobil. Sebab, bisa saja air hujan tersebut masuk ke celah-celah mobil kamu. Termasuk pada bagian mesin dalam mobil. Oleh karena itu, kamu harus mengecek bagian mesin mobil agar kendaraan mu tidak mogok. 

Pos Terbaru

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus Selama PSBB

Tips Cegah Mobil Menjadi Sarang Tikus - Tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemprov DKI Jakarta… Read More

19 menit lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Honda Accord - Honda Accord adalah mobil berjenis sedan premium yang… Read More

23 menit lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Geely - Untuk pasaran otomotif khususnya mobil di Indonesia. mungkin masyarakat… Read More

2 hari lalu

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama Saat PSBB

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama - Pada tanggal 14 september 2020 kemarin, Pemerintah Provinsi… Read More

2 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

4 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

4 hari lalu