Apakah Boleh Mencuci Ruang Mesin Mobil? Simak!

Apakah boleh mencuci ruang mesin mobil?

Mesin mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam berkendara. Karena sangat berpengaruh terhadap kinerja suatu kendaraan. Komponen mobil terdiri dari beberapa bagian, seperti ring mobil, kerak piston, cylinder head, blok silinder, batang piston, dan lain sebagainya yang terkumpul dalam suatu ruang mesin.

Ruang mesin sangat sensitif terhadap air sehingga banyak pemilik kendaraan yang memilih untuk tidak membersihkannya. Sehingga kotoran atau debu akan menempel dan menumpuk yang membuat mesin mobil bisa mengalami overheat. Oleh karena itu, perlu sekali untuk membersihkan ruang mesin mobil.

Namun untuk membersihkan ruang mesin mobil tidak diperbolehkan menggunakan air bertekanan tinggi. Karena akan membuat beberapa komponen menjadi korsleting terutama yang sensitif terhadap air. Bahkan bisa membuat mesin menjadi mati total.

Lantas jika tidak boleh menggunakan air bertekanan tinggi, bagaimana cara mencuci ruang mesin yang benar ? Agar tidak merusak komponen mesin mobil. Berikut ini cara membersihkan ruang mesin mobil yang benar. Simak ulasan artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: 9 Penyebab Turun Mesin Mobil & Biayanya!

Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet
Cara Membersihkan Mesin Mobil Agar Tetap Awet (Sumber: Auto2000)

Cara membersihkan ruang mesin yang benar adalah dengan mengelap menggunakan kain microfiber atau mencucinya menggunakan air bertekanan rendah. Hal pertama yang harus dilakukan dalam mencuci ruang mesin adalah tidak boleh disemprot atau disiram dengan air dan hal itu sangat tidak dianjurkan, apalagi dengan tekanan tinggi.

Jadi, kamu hanya perlu mengelap menggunakan kain lap microfiber dan boleh membasuh menggunakan air, namun cukup tipis-tipis dengan menggunakan kuas atau kain lap microfiber. Selain itu, air yang digunakan untuk mencuci ruang mesin sebaiknya dicampur terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, grease dan debu. Agar kotoran terangkat.

Satu hal penting yang harus diingat, mesin mobil sangat dekat dengan ECU. Sehingga apabila bagian ini terkena air akan rusak atau error. Kamu hanya perlu menggunakan kain dan dibasuh saja, karena mobil keluaran terbaru dilengkapi banyak sensor, jadi untuk menghindari malfungsi kelistrikan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan