Apakah Ukuran Ban Mobil Harus Sama Persis?

Apakah Ukuran Ban Mobil Harus Sama

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting saat berkendara. Adanya gaya gesekan antara permukaan ban dengan jalan membuat ban mobil lebih cepat aus. Ban mobil yang aus bisa membuat kendaraan menjadi tidak stabil dan akan rentan terjadi kecelakaan.

Oleh karenanya, penting sekali untuk mengganti ban mobil secara berkala. Tujuannya agar keseimbangan dan keselamatan tetap terjaga. Lantas apakah ukuran ban mobil harus sama persis seperti sebelumnya dan jika berbeda, apa saja resikonya?

Menurut Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa apabila ingin mengganti ban mobil, diusahakan harus sama. Apabila berbeda ukuran membuat performa kendaraan menjadi tidak stabil. Resiko terbesarnya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Misalnya, ukuran ban mobilmu 185/65 ring 17, maka kamu harus mengganti dengan ban yang memiliki angka yang sama dan usahakan satu produsen juga. Namun jika berbeda produsen juga tidak masalah. Lantas apa saja resiko lain jika mengganti ban mobil yang berbeda ukuran dan merek? Berikut ini jawabannya! Simak sampai habis ya!!

Baca Juga: Fungsi Alur Ban Mobil Untuk Apa?

Resiko Mengganti Ukuran Ban Mobil Berbeda Ukuran & Merek

“Mengganti ban mobil yang berbeda merek sebenarnya diperbolehkan namun sangat dianjurkan untuk menggunakan yang sejenis dengan ban bawaannya” Ucap Sony Susmana.

Mengganti ban mobil yang berbeda ukuran dan merek memang diperbolehkan tetapi sangat berisko. Adapun resikonya, yaitu bisa membuat konsumsi bahan bakar meningkat karena adanya rolling resistance. Semakin besar ukuran ban mobil maka akan semakin besar juga konsumsi bahan bakarnya.

Sementara itu, menurut data dari Tire Rock, menggunakan ban mobil yang berbeda spesifikasinya bisa membuat pengeraman menjadi tidak optimal dan akselerasi menjadi tidak selaras karena adanya perbedaan traksi. Tidak hanya itu juga, mengganti ban mobil yang berbeda ukuran dan merek bisa membuat performa handling menjadi tidak optimal dan akan menimbulkan noise.

Nah itu jawaban mengenai apakah ukuran ban mobil harus sama persis? jawabannya harus ya sobat HSR Wheel.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan