Tips Otomotif

Aquaplaning, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

Aquaplaning– ini beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda musim hujan yang cukup intens setiap harinya. Salah satu ancaman bagi pengemudi mobil saat berkendara saat hujan adalah roda mobil bisa kehilangan traksi sehingga mobil hilang kendali dan berujung kecelakaan. Kondisi ini dalam ungkapan lain disebut sebagai aquaplaning atau kondisi dimana ban mobil tidak menyentuh permukaan jalan saat melewati genangan air.

Aquaplaning, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

Beberapa kejadian akibat aquaplaning ini memang cukup banyak terjadi dan beberapa sempat terekam kamera. Jika diperhatikan, ketika mobil mengalami aquaplaning ini maka kendaraan mendadak hilang kendali pada saat melalui genangan air. Jadi sangat perlu sekali dipahami bahwa kondisi aquaplaning ini dapat terjadi walaupun kendaraan melewati genangan air tipis sekalipun.

Terlebih saat melewati kondisi jalan yang sedang dibasahi hujan deras, kamu sebagai pengemudi perlu berhati-hati dengan meningkatkan kewaspadaan. Untuk mengantisipasi hal ini, maka ada baiknya berkendaralah dengan hati-hati dan mengurangi kecepatan ketika hujan turun. Jangan lupa untuk pidah ke jalur lambat sekaligus amati kondisi sekitar.

Cara Bekendara Saat Musim Hujan

Ketika mobil harus melewati genangan air, maka kamu bisa mengantisipasinya dengan mengangkat kaki dari pedal gas, tahan kemudi ke arah depan dan jangan melakukan pengereman agar laju mobil tetap lurus serta tidak mengalami selip.

Ketika mobil terasa selip, maka kamu perlu merasakan hal ini terjadi pada roda depan atau belakang. Ketika ban selip dari roda depan (understeer) dan mobil mengarah ke kiri atau ke kanan, maka segera arahkan kemudi melawan arah secara halus. Hal ini untuk mengurangi gejala understeer.

Dan ketika ban selip terjadi atau dirasakan dari ban belakang (oversteer), maka lakukan putar setir sesuai arah mobil melaju dan jangan melakukan banting setir karena bisa membuat mobil berputar pada porosnya.

Berikut Tips Cara Mengatasi Aquaplaning

Perlu diketahui bersama bahwa ban mobil adalah komponen yang sangat penting, hal ini dikarenakan ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan yang menempel langsung dengan aspal jalanan.

Meski ban mobil yang ada di pasaran sudah melewati berbagai uji kelayakan, termasuk salah satunya adalah uji di jalan yang basah. Namun sebagai pengemudi memang harus selalu melakukan pengecekan kondisi ban pada saat musim hujan datang. Pengecekan yang perlu kamu lakukan pada ban mobil dan termasuk penting adalah ulir atau kembangan.

Kembangan atau ulir ban mobil merupakan tempat untuk mengalirnya air pada saat melewati genangan air. Apabila ban sudah tidak ada ulir alias botak, maka risiko selip dan aquaplaning sangatlah besar. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ban pada saat ingin melakukan perjalanan, termasuk memerhatikan tekanan angin ban mobil. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

8 Mobil MPV Terlaris di Indonesia Mei 2022

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan mobil yang paling diminati oleh pembeli di Indonesia dan… Selengkapnya

6 Agustus 2022

Modifikasi Audio Mobil, Apakah Membuat Konsumsi BBM Lebih Boros?

Modifikasi mobil merupakan hal yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan baik modifikasi velg mobilnya saja… Selengkapnya

5 Agustus 2022

BMW X4 2022 Resmi Meluncur, Ini Dia Spesifikasinya!

Perusahaan otomotif asal Jerman BMW, baru saja meluncurkan X3 M Competition X4 M Competition dengan… Selengkapnya

4 Agustus 2022

HSR Wheel Kembali Hadir Memeriahkan GIIAS 2022

HSR Wheel merupakan brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013 dan telah… Selengkapnya

4 Agustus 2022

5 Cara Merawat Sliding Door Mobil Yang Benar

Sliding door atau pintu geser merupakan salah satu fitur yang memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk… Selengkapnya

3 Agustus 2022

Daftar Harga Mobil Listrik Termurah di Indonesia 2022

Segmen mobil listrik sedang berkembang di Tanah Air karena lahirnya bentuk-bentuk model baru. Salah satunya,… Selengkapnya

2 Agustus 2022