Aquaplaning, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

Aquaplaning

Aquaplaning– ini beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda musim hujan yang cukup intens setiap harinya. Salah satu ancaman bagi pengemudi mobil saat berkendara saat hujan adalah roda mobil bisa kehilangan traksi sehingga mobil hilang kendali dan berujung kecelakaan. Kondisi ini dalam ungkapan lain disebut sebagai aquaplaning atau kondisi dimana ban mobil tidak menyentuh permukaan jalan saat melewati genangan air.

Aquaplaning, Pahami Bahaya dan Cara Mengatasinya

Beberapa kejadian akibat aquaplaning ini memang cukup banyak terjadi dan beberapa sempat terekam kamera. Jika diperhatikan, ketika mobil mengalami aquaplaning ini maka kendaraan mendadak hilang kendali pada saat melalui genangan air. Jadi sangat perlu sekali dipahami bahwa kondisi aquaplaning ini dapat terjadi walaupun kendaraan melewati genangan air tipis sekalipun.

Terlebih saat melewati kondisi jalan yang sedang dibasahi hujan deras, kamu sebagai pengemudi perlu berhati-hati dengan meningkatkan kewaspadaan. Untuk mengantisipasi hal ini, maka ada baiknya berkendaralah dengan hati-hati dan mengurangi kecepatan ketika hujan turun. Jangan lupa untuk pidah ke jalur lambat sekaligus amati kondisi sekitar.

Cara Bekendara Saat Musim Hujan

Ketika mobil harus melewati genangan air, maka kamu bisa mengantisipasinya dengan mengangkat kaki dari pedal gas, tahan kemudi ke arah depan dan jangan melakukan pengereman agar laju mobil tetap lurus serta tidak mengalami selip.

Ketika mobil terasa selip, maka kamu perlu merasakan hal ini terjadi pada roda depan atau belakang. Ketika ban selip dari roda depan (understeer) dan mobil mengarah ke kiri atau ke kanan, maka segera arahkan kemudi melawan arah secara halus. Hal ini untuk mengurangi gejala understeer.

Dan ketika ban selip terjadi atau dirasakan dari ban belakang (oversteer), maka lakukan putar setir sesuai arah mobil melaju dan jangan melakukan banting setir karena bisa membuat mobil berputar pada porosnya.

Berikut Tips Cara Mengatasi Aquaplaning

Perlu diketahui bersama bahwa ban mobil adalah komponen yang sangat penting, hal ini dikarenakan ban merupakan satu-satunya komponen pada kendaraan yang menempel langsung dengan aspal jalanan.

Meski ban mobil yang ada di pasaran sudah melewati berbagai uji kelayakan, termasuk salah satunya adalah uji di jalan yang basah. Namun sebagai pengemudi memang harus selalu melakukan pengecekan kondisi ban pada saat musim hujan datang. Pengecekan yang perlu kamu lakukan pada ban mobil dan termasuk penting adalah ulir atau kembangan.

Kembangan atau ulir ban mobil merupakan tempat untuk mengalirnya air pada saat melewati genangan air. Apabila ban sudah tidak ada ulir alias botak, maka risiko selip dan aquaplaning sangatlah besar. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ban pada saat ingin melakukan perjalanan, termasuk memerhatikan tekanan angin ban mobil. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan