Astina Mazda 1991, Mobil Sporty Pelopor Lampu Pop Up!

astina mazda

Astina Mazda merupakan salah satu mobil yang pernah berjaya dengan teknologi yang melebihi pada zamannya.  Bagaimana tidak? Mobil legendaris ini memiliki performa yang kencang dengan perpaduan fitur lampu pop-up yang biasanya terkenal pada mobil sport atau di kelas yang lebih tinggi.

Mobil Astina ini bahkan menjadi pelopor pemakaian lampu pop-up di Indonesia pada tahun 1991. Lampu depan Astina Mazda ini bisa berkedip-kedip seperti bulu mata. Lampu depan yang bisa berkedip ini merupakan lampu depan yang tersembunyi, sebab jika sedang tidak digunakan lampunya akan bersembunyi di bodi bagian kap mesin alias bisa buka tutup secara otomatis.

astina mazda

Desain Eksterior dan Interior

Teknologi lampu pop-up yang disematkan pada eksterior depan mobil ini sangat langka pada masanya. Apalagi dipadukan dengan bodi yang agak bongsor membuat keduanya menjadi perpaduan yang pas. Tak ketinggalan pada interior mobilnya yang sangat terlihat klasik dan timeless. Memiliki tombol pengaturan yang sederhana dan tertata rapi. Tapi yang paling penting, mobil ini sudah memiliki speedometer digital pada era 90-an. Sangat keren!  

Mobil Astina Mazda ini telah diedarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran jika mobil ini menjadi idaman para anak-anak muda pada zamannya. Mobil ini juga cukup tangguh karena dibekali dengan mesin 1.800 cc dengan 4 silinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 hp diputaran mesin 5500 rpm dengan torsi 150 nm di 4000 rpm.

Kelebihan dan Kekurangan Astina Mazda

Sejatinya memang tidak ada yang sempurna di dunia ini bro, termasuk mobil Astina Mazda. Pasti memiliki kelebihan dan kekurangan juga.

Untuk kelebihannya, mobil ini jelas memiliki akselerasi yang mantap dengan top speed tinggi. Bagi kamu pecinta kecepatan tentu sangat tepat menjadikan mobil ini sebagai pilihan. Selain itu, mesinnya cukup halus dan pemakaian bahan bakanya terbilang irit untuk penggunaan santai walaupun sudah melewati puluhan tahun. Desainnya juga sangat eye catching dan timeless.

Kekurangan dari Astina Mazda ini, mesinnya terbilang cepat panas karena didesain di Jepang dan diperuntukan bagi kondisi dingin, bukan untuk iklim tropis seperti di Indonesia. Maka, jika pendingin radiatornya masih bawaan standar kamu harus melakukan modifikasi mobil atau menggantinya dengan custom radiator yang telah menggunakan 2-3 pille agar cocok untuk suhu di Indonesia. Kekurangan lainnya jika kamu menggunakan mobil ini akan sulit menemukan spare part atau onderdilnya, sekalipun ada harganya tentu saja akan mahal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan