Ganti Oli Mobil Setiap Berapa KM? Pahami Dulu Aturannya!

Aturan ganti oli mobil

Oli mesin menjadi salah satu komponen mobil yang penting dalam suatu kendaraan. Komponen ini berperan dalam memberikan pelumas terhadap setiap bagian mesin yang membutuhkannya. Dengan adanya oli mesin dapat mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang seperti piston dan dinding silinder.

Sehingga penting sekali untuk mengganti oli mobil secara teratur agar performa mesin tetap stabil. Apabila tidak mengganti oli secara teratur, bisa membuat mesin lebih mudah panas dan akibatnya akan merusak komponen mesin bahkan menyebabkan kebakaran.

Lantas setiap berapa KM kah oli mesin harus diganti? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawaban detailnya!

Baca Juga: Kapan Harus Ganti Oli Transmisi Matic dan Harus Berapa Liter?

Aturan Ganti Oli Mobil

Setiap kendaraan yang sering digunakan wajib untuk mengganti oli mesin secara teratur agar performa mesin tetap stabil. Ada 3 jenis oli yang perlu diganti, yaitu oli mesin, oli transmisi untuk persneling, dan oli gardan. Oli yang paling sering diganti adalah oli mesin karena fungsinya sangat vital bagi hampir seluruh komponen mobil. Selanjutnya yang perlu diganti adalah oli gardan.

Apabila kendaraan kamu digunakan setiap hari dan terbiasa melewati jalanan yang macet serta sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk sampai ke tempat tujuan,  lebih baik diganti setiap 6 bulan atau setelah menempuh jarak 8 ribu KM.

Namun, jika pemakaiannya normal, kamu bisa mengganti oli setelah menempuh jarak 10 KM atau 6-12 bulan sekali. Hal ini untuk menjaga mobil agar performa mesin tetap stabil dan meningkat, sehingga mesin tidak mudah panas. Selain tergantung pemakaian, penggantian oli mobil juga tergantung dengan kualitas dari oli tersebut. Semakin bagus kualitasnya, biasanya akan lebih awet.

Tanda-tanda Oli Mesin Minta Diganti

Nah, bagi kamu yang menemukan tanda-tanda di bawah ini, artinya oli mesin kamu harus segera diganti. Agar lebih jelas, simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

1. Indikator Lampu Oli Hidup

Lampu indikator hidup pada mobil merupakan salah satu tanda yang wajib diperhatikan secara berkala oleh pengemudi. Salah satunya apabila kamu melihat indikator oli menyala ini maka tandanya oli mesin bermasalah. Sehingga perlu segera diganti dengan yang baru.

Simbol yang bisa Anda temukan adalah corong beserta tetesan oli, biasanya ketika menyala memberi peringatan berwarna kuning. Jika lampu peringatan ini menyala ketika Anda menstarter mobil, maka ini bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada sistem oli dan pelumas mesin mobil.

2. Mesin Tidak Nendang & Bersuara Kasar

Jangan kira asap mobil putih muncul hanya karena kondisi mesin yang buruk. Perlu digarisbawahi bahwa hal ini juga bisa pertanda kapan harus ganti oli mobil. Pasalnya, asap berwarna bisa menjadi pertanda oli ikut menguap dan terbakar. Terutama untuk mesin mobil terbaru dengan komponen PCV yang membuat pembakaran oli menghasilkan asap putih.

Sebagai salah satu penunjang utama operasional mesin mobil, sudah jelas sekali jika kamu harus tahu mengenai  kondisi oli. Jika tidak diganti secara teratur akan membuat performa kendaraan tentu tidak optimal. Bahkan, bukan tidak mungkin mesin akan memberi efek fatal berupa kerusakan.

3. Asap dari Knalpot Mobil Akan Berwarna

Tanda oli mobil yang kurang umumnya bisa diketahui dari knalpot. Biasanya, asap mobil normal ini sebenarnya tidak berwarna dan transparan. Namun pada asap pembuangan knalpot mobil yang olinya kurang atau harus diganti, maka akan terlihat kepulan yang pekat.

Hal tersebut disebabkan karena oli ikut menguap dan terbakar pada ruang pembakaran mobil. Seperti yang diketahui, kebanyakan kendaraan roda empat sudah menggunakan mesin yang dilengkapi dengan PCV yang berfungsi untuk menyalurkan gas ke dalam intake manifold.

Hal ini terjadi dengan bertahap agar nantinya dapat diproses dan dibakar pada ruang pembakaran secara tepat dan benar. Jika mobil dengan kondisi oli yang sudah buruk, maka elemen oli akan ikut menguap di dalam komponen tersebut.

Karena alasan tersebut, maka asap yang keluar dari mobil yang kamu akan berubah warna menjadi keruh. Pasalnya oli ikut menguap dalam proses pembakaran yang terjadi pada ruang bakar.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan