Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

tips merawat mobil listrik yang benar

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah sedang membangun infrastruktur mobil listrik di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Bahkan, Pemerintah mewajibkan seluruh pegawai negeri untuk menggunakan mobil listrik dan memberikan insentif pajak sebesar 10 persen bagi pengguna mobil listrik.

Keunggulan mobil listrik dibanding dengan mobil bensin adalah biaya perawatan mobil listrik lebih murah dibanding mobil bensin. Karena mobil listrik tidak membutuhkan oli mesin. Bagi kamu yang telah memiliki mobil listrik namun bingung cara merawatnya. HSR Wheel akan memberikan referensi tips perawatan mobil listrik yang benar. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat Haiser!

Baca Juga: Mobil Listrik VS Mobil Bensin, Kamu Pilih Yang Mana?

5 Tips Perawatan Mobil Listrik

Merawat mobil listrik tentu berbeda dengan merawat mobil bensin. Karena mobil listrik menggunakan baterai untuk menjalankan kendaraannya sedangkan mobil bensin menggunakan bahan bakar agar kendaraan bisa berjalan. Selain itu, merawat mobil listrik tidak semahal dengan mobil bensin.

Karena ada beberapa komponen di mobil bensin yang tidak ada di mobil listrik. Salah satunya oli mesin. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara merawat mobil listrik yang benar!

1. Merawat Baterai

Merawat baterai mobil listrik
Merawat baterai mobil listrik (Sumber: IDN Times)

Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam mobil listrik yang berfungsi sebagai sistem penyimpanan energi dalam bentuk listrik arus-searah (direct-current atau DC). Apabila mendapat sinyal dari controller, baterai akan mengalirkan listrik DC menuju ke inverter yang kemudian digunakan untuk menggerakkan motor.

Karena perannya yang tidak bisa digantikan dengan komponen lain, sehingga penting sekali untuk selalu memperhatikan performanya agar tetap tampil prima. Caranya dengan selalu melihat kapasitas daya baterai tersebut. Usahakan agar kondisi kapasitas baterai tak kurang dari 40-60 persen, terutama bila kendaraan tak dipakai dalam waktu yang cukup lama.

2. Cek Radiator Mobil Secara Teratur

Mengecek air radiator mobil listrik
Mengecek air radiator mobil listrik

Radiator mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi untuk mengatur temperatur mobil agar tetap optimal. Apabila suhu mesin terlalu panas, dapat membuat mesin mengalami overheat dan tentunya kendaraan jadi tidak bisa berfungsi secara optimal. Begitu sebaliknya jika suhu terlalu rendah membuat kendaraan akan kehilangan keseimbangannya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat komponen ini secara teratur. Caranya dengan memeriksa secara rutin apakah volumenya masih mencukupi atau harus diganti. Pergantian water coolant dilakukan apabila kendaraan telah melewati jarak tempuh sebesar 60.000 KM.

3. Periksa Filter AC Mobil

Periksa Filter AC Mobil
Periksa Filter AC Mobil (Sumber: Moladin)

Dalam merawat mobil listrik, perlu sekali untuk merawat filter AC mobil secara rutin. Karena komponen ini erat kaitannya dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Filter AC yang jarang dibersihkan akan menumpuk kotoran dan debu sehingga udara yang keluar dari AC menjadi kurang sejuk.

4. Ganti Kampas Rem Secara Rutin

Ganti Kampas Rem Mobil Listrik Secara Rutin
Ganti Kampas Rem Mobil Listrik Secara Rutin

Cara merawat mobil listrik berikutnya adalah dengan mengganti kampas rem secara rutin. Karena mobil listrik menggunakan sistem pengereman regeneratif. Pengereman tersebut merupakan sebuah mekanisme yang membutuhkan penggunaan energi dari komponen yang terkandung di dalam mobil.

Oleh karena itu, ganti kampas rem apabila sudah tipis karena jika tidak segera diganti akan membuat pengereman menjadi kurang optimal. Selain itu, perlu untuk melakukan pemeriksaan terhadap kualitas minyak rem yang digunakan secara rutin.

5. Bersihkan Filter Udara Secara Rutin

Periksa Filter Udara Secara Rutin
Periksa Filter Udara Secara Rutin (Sumber: Harapan Rakyat)

Baik mobil listrik maupun mobil konvensional sama-sama memiliki filter udara. Komponen ini berperan dalam menyaring udara yang masuk ke mesin untuk proses pembakaran. Sehingga apabila filter udara telah kotor maka harus segera dibersihkan agar udara yang masuk ke mesin bisa tetap bersih. Apabila kondisi filter udara sudah tak layak, segera ganti dengan filter udara yang baru.

Nah itu dia, 5 tips perawatan mobil listrik yang perlu kamu ketahui. Sehingga kendaraanmu akan tetap awet dan nyaman digunakan. Untuk membuat penampilan mobil listrik agar terlihat lebih menarik dan mewah, kamu bisa mengganti velg mobil bawaan ke velg HSR Forged karena velg ini 100 persen terbuat dari bahan alloy dan telah lulus uji sertifat SNI, JWL, dan VIA.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan