Bahaya Parfum Mobil yang Menempel di Kisi AC

Bahaya Parfum Mobil

Bahaya Parfum Mobil – Untuk kamu yang memiliki kendaraan khususnya mobil, pasti kondisi ruang kabin mobil ingin selalu bersih dan juga harum. Untuk membuat kabin mobil bersih, ada baiknya selalu rutin membersihkannya. Selain dengan membersihkan kabin, ada beberapa orang yang menggunakan parfum khusus untuk kabin mobil.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah, tidak semua parfum mobil yang dijual di pasaran adalah parfum yang aman untuk digunakan. Ada beberapa jenis parfum mobil yang memiliki efek samping pada komponen yang ada di dalam mobil.

Bahaya Parfum Mobil yang Menempel di Kisi AC

Terlebih ketika parfum tersebut ditempelkan pada kisi-kisi AC, maka hal tersebut cukup berbahaya dan memiliki dampak buruk pada komponen di dalam AC. Hal ini dikarenakan zat-zat kimia yang terkandung di dalam parfum sangat mudah untuk tersedot dan juga masuk ke dalam evaporator.

Maka dari itu, sangat tidak disarankan untuk memasang pewangi di antara ventilasi AC mobil. Apalagi jika parfum memiliki bentuk gel dan beraroma buah yang asam. Apabila parfum tidak dipindahkan sesegera mungkin, maka bisa membuat bahan kimia yang ada di pewangi bisa terserap ke dalam evaporator AC.

Selain dapat merusak komponen, ketika zat kimia dari parfum berhasil masuk ke dalam evaporator, maka akan menimbulkan kerak pada pipa yang berfungsi untuk menyalurkan udara dingin ke dalam kabin mobil.

Ketika kerak ini tidak dibersihkan dan terus menumpuk, maka suplai udara dingin ke dalam mobil tentunya akan berkurang. Penumpang mobil akan merasa hembusan AC menjadi tidak sejuk. Risiko yang paling parah adalah evaporator bisa rusak dan mau tidak mau harus dibongkar.

Sebagai saran tambahan, ada baiknya cari parfum mobil biasa saja yang bisa digantung di atas spion tengah mobil. Penggunaan parfum yang digantung di kisi-kisi ac sebenarnya boleh-boleh saja, dan tidak ada yang melarang. Namun hal tersebut sangat berisiko karena bisa merusak kisi-kisi AC tersebut. Karena memang, komponen ini tidak didesain untuk menahan beban yang cukup berat.

Jadi kesimpulannya adalah, penggunaan parfum dengan menggantungkannya di kisi-kisi memang boleh-boleh saja dilakukan. Namun jangan sampai dilakukan berkali-kali jika tidak ingin mengalami kerugian dari sisi komponen AC mobil. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan