Info Ban Mobil

Ban Mobil Kurang Angin Bisa Meletus, Apa Sebabnya?

Ban mobil memiliki peran penting dalam mengontrol laju kendaraan. Sebab ban menjadi satu-satunya komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan jalan. Ban mobil yang kurang angin akan membuat laju kendaraan menjadi tidak stabil. Begitu juga sebaliknya, kelebihan tekanan angin bisa menimbulkan getaran pada ban mobil. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengecek kondisi tekanan ban mobil secara berkala.  Tujuannya agar kestabilan dalam berkendara tetap terjaga.

Keawetan dan kekuatan ban mobil tergantung dari tekanan angin. Apabila kekurangan atau kelebihan tekanan angin bisa membuat ban mobil cepat aus. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengisi tekanan angin sesuai dengan psi yang dianjurkan oleh pabrik. Idealnya antara 32-35 psi tergantung dengan jenis mobilnya.

Ban mobil setiap bulannya akan mengalami penyusutan sebesar 1-2 psi. Sehingga perlu sekali untuk diisi nitrogen dan bukan angin biasa. Sebab, ban yang kekurangan tekanan angin bisa membuat laju kendaraan tidak setabil dan membuat ban mobil meletus. Kenapa ban mobil yang kurang angin bisa meletus, apa yang menjadi penyebab atas peristiwa itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, HSR Wheel akan membahas mengenai alasan ban mobil meletus saat kekurangan tekanan angin. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Kenapa Ban Mobil Bisa Meletus Saat Kekurangan Tekanan Angin?

Ban mobil yang kekurangan tekanan angin bisa menjadi berbahaya. Salah satunya dapat membuat ban mobil meletus saat digunakan. Sebab ban mobil yang kekurangan tekanan angin akan membuat dinding ban ikut menyentuh jalan. Selain itu, serat nylon-pun akan turut terinjak oleh velg. Sehingga beban mobilnya semakin bertambah.

Hal inilah yang membuat serat nylon di dalam dinding ban lama kelamaan akan menjadi lesu sehingga kekuatannya semakin berkurang. Selain itu, saat serat nylon terputus akan membuat ban mobil tersobek yang mengelilingi pada dinding ban. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengecek tekanan angin sebelum berpergian terutama jarak jauh.

Nah, itu dia alasan kenapa ban mobil kurang angin bisa membuat ban mobil meletus. Oleh karena itu, penting sekali untuk merawat kaki-kaki mobil secara rutin. Kamu bisa merawat kaki-kaki mobil pada diler resmi HSR Wheel yang terdekat di kotamu. Ingat Velg, Ingat HSR!

Baca Juga: Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022