Ban Mobil Kusam? Lakukan Cara Ini Agar Selalu Mengkilap!

ban mobil kusan

Ban mobil yang kusam tentu saja sangat tidak enak dipandang dan merusak tampilan eksterior. Tak jarang juga ban mobil kusam terjadi akibat sering melintasi jalanan yang becek saat musim hujan atau medan jalan yang infrakstrukturnya belum tertata baik.

Ada banyak noda cipratan tanah atau pasir yang tak jarang menempel di dinding mobil. Hal ini sangat mengganggu, apalagi jika terdapat benda-benda kecil yang terselip di kembangan ban yang bisa saja membahayakan. Selain rugi dari sisi estetika, ternyata rugi juga dari segi keamanan. Disisi lain, tak jarang juga ban mobil sudah dicuci tapi masih terlihat kusam.

Maka, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan mobil tetap tampil bersinar sebaiknya kamu lakukan beberapa cara di bawah ini agar ban mobil selalu mengkilap.

Teknik Mencuci dan Waxing

Untuk membuat ban mobil mengkilap, gunakan teknik mencuci menggunakan sikat yang agak kasar dan tire cleaner atau pembersih ban khusus. Jangan lupa pisahkan air sabun dengan air bilas.

Lalu, saat menyikat bersihkan kembangan ban dari pasir, batu, atau serpihan-serpihan kaca dan material lain yang menempel. Setelah ban kering kamu bisa melakukan wax ban mobil akan semakin mengkilap, hitam, dan sebagai proteksi terhadp debu atau kotoran lain yang menempel. Wax pada ban mobil berfungsi untuk memperkuat daya tahan ban dan memproteksi material karet didalam ban.

Gunakan Silikon Cair

Silikon cair ini merupakan bahan dasar yang biasanya digunakan dari pembuatan semir ban pabrikan. Tetapi, banyak juga semir ban yang mencampurkan silicon cair ini dengan bahan lainnya agar harganya menjadi lebih terjangkau.

Hal tersebut dilakukan karena silicon cair murni harganya sangat mahal. Umumnya memang ada harga ada kualitas, walau mahal jika diaplikasikan silikon cair murni pada ban mobil kamu tentu saja hasilnya akan sangat memuaskan. Silikon cair memang sangat rekomended untuk membuat ban mobil kamu semakin mengkilap.

Semir Ban Pabrikan

Bagi kamu yang suka dengan hal-hal praktis, semir ban pabrikan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membuat ban mobil kamu mengkilap. Akan tetapi, ada banyak jenis semir ban yang beradar di pasaran. Ada yang solvent dan water base.

Jenis kandungan dan material yang digunakan semir ban pabrikan pun berbeda-beda. Selain itu, tersedia semir ban cair, aerosol, dan juga foam. Wujudnya yang berbeda tentu saja berbeda pula cara pengaplikasiannya dan efek mengkilap yang dihasilkan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan