Ketahui Cara Mengisi Freon AC Mobil Dengan Mudah

mengisi freon ac

Freon AC mobil merupakan salah satu komponen yang mendukung lancarnya kesejukan udara di dalam kabin mobil. Freon ini berbentuk cairan yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Jika Freon habis, sudah bisa dibayangkan mobil akan menjadi panas seketika.

Ada banyak faktor penyebab Freon AC mobil habis. Biasanya karena ada kebocoran diantara selang atau pipa yang menghubungan beberapa komponen AC mobil. Oleh sebab itu Freon AC harus diperbaiki da nisi kembali. Untuk mengisinya, takarannya harus pas agar AC bisa berfungsi dengan normal. Tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh kurang.

Sebab, takaran Freon yang terlalu berlebihan akan membuat pipa AC memiliki tekanan tinggi dan membuat arus listrik ke magnet clutch menjadi terputus. Sedangkan jika kurang, biasanya saklar di komponen AC tidak akan tesambung dengan relay magnetic clutch yang ditandai dengan tidak berputarnya kompresor dan AC tidak dingin meski suhunya tinggi.

Bagaimana Cara Mengisi Freon AC?

Sebenarnya, mengisi freon AC dianjurkan agar dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli dalam bidang ini. Namun, tak jarang juga beberapa teknisi menyarankan untuk mengisinya secara mandiri. Agar kamu tidak bingung, berikut di bawah ini langkah-langkah mengisi freon AC dengan mudah.

freon AC

Siapkan Alat dan Periksa Tekanan Freon

Hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu periksa tekanan freon menggunakan alat manifold gauge. Alat ini bisa membantu kamu mengetahui berapa tekanan freon AC dan memberikan informasi terkait tinggi rendahnya tekanan tersebut. Jika tekanan berada di angka 160-250 psi artinya tekanannya tinggi, sedangkan jika rendah tekanannya berada di angka 15-40 psi.

Kosongkan Freon dan Tutup Katup Manifold Gauge

Setelah freon selesai di cek tekanan, maka kosongkan freon dengan cara menutup katup manifold gauge menggunakan selang sesuai tekanan yang tadi sudah di cek. Selang berwarna biru ke nipel bertekanan rendah, dan selang merah ke nipel bertekanan tinggi. Sedangkan selang hijau atau biru ke pompa vakum. Setelah itu, buka salah satu katup dan hidupkan pompa vakum. Tunggu hingga indikatornya menunjukan angka 600 mmHg. Untuk lebih efektif, kamu bisa membuka katup manifold hingga angka berada pada 750mmHgagar sistem AC bersih dari uap.

Perhatikan Sistem AC dan Angka Meteran  

Setelah freon terisi, tunggu hingga 30 menit dan biarkan pompa vakum tetap menyala. Lalu tutup kedua katup manifold gauge dan perhatikan angka pada meteran. Jika terjadi penurunan berarti ada masalah pada sistem AC, hal ini bisa terjadi karena adanya kebocoran. Akan tetapi jika angkanya stabil maka artinya AC berfungsi secara optimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan