Begini Cara Merawat Jok Elektrik Mobil

Cara Merawat Jok Elektrik Mobil

Cara Merawat Jok Elektrik Mobil – Apakah kamu memiliki mobil yang dilengkapi dengan jok elektrik? Kehadiran jok elektrik pada sebuah mobil memang mempermudah pengemudi dan penumpang untuk mendapatkan posisi nyaman selama perjalanan. Beberapa jok elektrik saat ini bahkan sudah dilengkapi dengan fungsi penyimpanan yang dapat menyimpan posisi nyaman dari penumpangnya.

Namun, banyak pemilik mobil yang memang lalai akan kondisi jok elektriknya. Seringkali jok jenis ini luput dari yang namanya perawatan. Padadahal, dengan adanya sistem kelistrikan seharusnya perlu mendapat perhatian yang lebih.

Walaupun memang kerusakan pada jok elektrik sangat jarang terjadi, namun bukan berarti tidak memerlukan sebuah perawatan. Dikutip dari laman resmi liputan6 yang melansir dari Hyundai Indonesia, berikut beberapa tips merawat jok elektrik mobil kesayangan.

Cara Merawat Jok Elektrik Mobil

Langkah awal untuk melakukan perawatan jok elektrik mobil sendiri adalah dengan memposisikan mobil dalam keadaan diam atau berhenti. Setelah itu atur bagian sliding, reclining atau naik turun jok dengan benar. Selain karena faktor keselamatan dan keamanan, komponen jok elektrik juga akan lebih terjaga.

1. Cek Motor Elektrik Jok

Karena sistem jok menggunakan elektrik, pasti memiliki sistem kelistrikan yang terpasang. Salah satunya ada motor elektrik yang berfungsi untuk menggerakkan jok mobil. Namun kamu tak perlu khawatir, karena komponen yang satu ini tidak mudah untuk rusak. Walaupun terlanjur rusak, hal tersebut dikarenakan termakan usia pakai.

Biasanya, mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun akan merasakan penurunan kinerja dari jok elektriknya. Seperti adanya masalah pada kabel, motor, sekering, hingga lepasnya switch pengatur jok. Perawatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menjaga kebersihan kabin mobil. Khususnya pada jok mobil dan juga area di sekitarnya. Karena memang jika ada sisa makanan yang tidak dibersihkam, maka makanan tersebut dapat mengundang serangga untuk datang.

2. Waspadai Serangga Nakal

Waspadai serangga yang datang untuk membuat sarang di dalam area mobil, karena akan mengganggu sistem kelistrikan mobil itu sendiri. Adanya debu dan juga kotoran yang banyak juga akan berdampak sama, dapat mengganggu area kelistrikan dan juga motor. Gerak motor elektrik dapat terhambat karena ada sesuatu yang tersangkut di jalurnya.

Apabila sudah rusak, maka kamu perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki jok elektrik. Setidaknya untuk memperbaiki kamu perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 200 – 500 ribu. Sedangkan untuk komponennya sendiri memiliki harga yang beragam, mulai dari Rp200 ribu hingga Rp 1 juta tergantung dengan tipe dan juga jenis mobil yang digunakan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan