Kategori: Tips Otomotif

Begini Cara Perhitungan Pajak Mobil Mewah di Indonesia

Pajak mobil mewah di Indonesia membuat sebagian orang geleng-geleng kepala karena besaran nominalnya yang fantastis. Akan tetapi bagi sebagian orang, khususnya para masyarakat kelas menengah ke atas tentu hal ini bukan menjadi sebuah masalah. Malah banyak orang yang berlomba untuk membeli mobil mewah dengan harga bombastis sekalipun.

Biasanya, orang menengah ke atas khususnya di kota metropolitan cenderung bersifat konsumtif dan hedonis. Maka tak heran jika kebanyakan memiliki mobil-mobil mewah karena tuntutan gaya hidup.

Pajak Mobil Mewah di Indonesia

Bagi pemilik kendaraan, apalagi mobil mewah. Sudah pasti harus memenuhi kewajiban dengan membayar pajak, apalagi jika tinggal di ibukota. Provinsi DKI Jakarta telah mengatur pajak kendaraan bermotor berbagai jenis, bahkan untuk mobil-mobil mewah bisa mencapai hingga ratusan juta lho setiap tahunnya. Ada sekitar 12 juta unit mobil mewah yang ada di ibukota. Penasaran dengan nominal pajaknya? Yuk intip perhitungannya di bawah ini.

Ferrari Spider

Ferrari Spider merupakan mobil super mewah yang dibekali dengan mesin V8 3,9 liter twin turbo. Tenaga yang diproduksinya mampu mencapai 660 hp pada putaran 8.000 rpm dan torsi 760 Nm pada 3.000 rpm. Desain supercar ini ditutupi material berkualitas yang dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi, sehingga memberikan kesan sporty nan mewah.

Saat ini mobil Ferrari Spider dibanderol dengan harga sekitar Rp 6 milliar per unitnya, Artinya mobil ini harus membayar pajak dengan perhitungan (harga mobil)  x (bobot) x (tarif kepemilikan pertama). Maka  Rp 6 miliar x 1,050 x 2% = Rp 126 juta per tahunnya.

Pajak yang harus dibayar mobil Ferrari ini setiap tahunnya Rp126 juta untuk tarif kepemilikan pertamanya. Tetu saja akan berbeda harganya jika bukan mobil kepemilikan pertama. Sebab, setiap bertambah berbeda kepemilikan akan naik tarifnya sebesar 0,5% dari 2% dari tarif kepemilikan sebelumnya. Sedangkan jika sudah mencapai kepemilikan ketujuh belas dan seterusnya, dikenakan 10%. Artinya bayaran pajak yang harus di bayar yaitu Tp 6 miliar x 1,050 x 10% = Rp 630 juta.

Artinya, semakin bertambah jumlah kepemilikan mobil mewah, maka semakin naik juga besaran pajak yang harus dibayarkan. Ini belum termasuk kebijakan pajak terbaru nanti jika berubah sewaktu-waktu.

Alphard

Mobil Alphard termasuk dalam kategori kendaraan mewah yang dikenai pajak walaupun harga terendahnya tidak mencapai hingga satu miliar. Mobil ini sering dijumpai di jalanan ibukota, biasanya para pemiliknya adalah seorang selebritis, pengusaha, dan para pejabat.

Saat ini harga Alphard dibanderol dengan harga kisaran Rp 904.700.00 per unitnya. Maka perhitungannya Rp 904.700.00 (harga mobil) x 1,050 (bobot) x 2% (tarif kepemilikan pertama) = Rp 18.998.700.

Artinya pajak kendaraan yang harus dibayarkan untuk mobil Alphard setiap tahunnya sekitar Rp 18 jutaan ke atas. Ini pembayaran pajak minimal yang harus kamu siapkan, belum lagi kamu harus membayar keperluan mobil lainnya seperti service dan lain-lain.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan berbagai macam biaya saat akan membeli mobil mewah ya!

Pos Terbaru

Inilah Perjalanan Mitsubishi Lancer Evolution dari Generasi ke Generasi

Mitsubishi Lancer merupakan salah satu sedan legendaris yang pernah eksis di Indonesia pada jamannya. Mobil… Read More

1 hari lalu

Porsche Macan S, Lebih Kencang dengan V6 Turbo!

Porsche Macan S merupakan SUV yang berasal dari Jerman. Seperti yang kita ketahui, mobil ini… Read More

2 hari lalu

5 Bahaya Menyimpan Hand Sanitazer di Mobil

Menyimpan hand sanitizer di mobil kerap kali dilakukan sebagai upaya pencegahan virus covid-19. Situasi pandemi… Read More

2 hari lalu

All New BMW 320i, Mobil Sport Premium Penuh Inovasi

Tahun 2019 lalu, BMW Group Indonesia merilis varian terbaru dari sedan seri 3 andalannya, yaitu … Read More

2 hari lalu

Ketahui Perbedaan Sunroof, Moonroof, dan Panorama Roof Sebelum Modifikasi!

Apa bedanya sunroof, moonroof, dan panorama roof? Mungkin sekilas terlihat sama, namun ketiga hal tersebut… Read More

3 hari lalu

5 Mobil Bekas di Bawah 80 Juta yang Berkualitas dan Tahun Muda

Jika saat ini kamu punya budget terbatas  tapi ingin memiliki mobil. Ada banyak mobil bekas… Read More

3 hari lalu