Berita Otomotif

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur. Kecelakaan ini terjadi tepat pukul 06.15 WITA pada tanggal 21 Januari 2022. Kecelakaan ini mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Total korban berjumlah 30 0rang, yaitu 4 orang meninggal dunia, 2 orang luka berat, dan 24 orang mengalami luka ringan.

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan yang terjadi di Simpang Muara Rapak membuat kita sebagai warga Indonesia turut prihatin atas kecelakaan maut yang terjadi.

Menurut Humas Polda Kaltim, Kombes Polisi Yusuf Sutejo yang dilansir di Kompas.com, kecelakaan terjadi di Balikpapan disebabkan oleh kelebihan muatan yang membuat hilangnya keseimbangan dan truk telah dimodifikasi.

Menurut Yusuf Sutejo, seharusnya panjang kendaraan itu berukuran 7,5 meter namun dimodifikasi hingga 12,5 meter, sumbu roda kendaraan yang tadinya dua diubah menjadi tiga. Karena hal itu, maka daya angkut dan daya mesin menjadi imbasnya.

Selain itu, menurut Ahmad Wildan, Investigatir Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjelaskan bahwa kecelakaan maut yang terjadi di Balikpapan terjadi karena pemasangan klakson telolet pada truk yang  mengganggu pengereman.

Dikutip dari CNN Indonesia Ahmad Wildan mengatakan bahwa,” Jadi gini, celah rem, kampas dengan tromol sama klakson telolet, itu ketika beroperasi di jalan mendatar nggak masalah. Karena buang angin, nanti diisi lagi, kan ngegas terus. Tapi pada saat jalan turun, nggak akan punya kesempatan ngisi (angin). Hanya buang aja. Begitu buang tanpa ngisi, saya yakin dua tiga kali injekan, dua tiga kali klakson selesai. Dia nggak bisa lagi nginjak pedal rem. Nah itulah kasus yang terjadi di Balikpapan. Jadi kasusnya adalah angin tekor.”

Selain karena keteledoran sopir, banyak masyarakat Balikpapan meminta pemerintah setempat untuk segera memperbaiki jalan Simpang Muara Rapak, karena menurut warga setempat jalannya menurun dan itu sangat berbahaya sekali.

Modifikasi kendaraan yang tidak seharusnya juga diyakini secara kuat memberikan dampak sehingga bisa terjadi kecelakaan ini. Lantas bagaimana cara modifikasi kendaraan yang benar?

Yang pertama kamu harus benar-benar memperhatikan ukuran ban, velg, kualitas rem, dan lain sebagainya. Untuk cari tahu lebih dalam kamu bisa baca artikel di bawah ini!

Baca artikel: Modifikasi Mobil Carry Pick Up Terbaru 2021

Artikel Terbaru

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022

Velg Mobil Panas Sebelah? Gini Solusinya!

Velg mobil panas merupakan sesuatu hal yang wajar namun jika panasnya terlalu berlebihan pertanda bahwa… Selengkapnya

25 Mei 2022

Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Rutin

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian. Fungsi utamanya, yaitu untuk membakar campuran bensin dan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Modifikasi Corolla DX Classic Retro

Corolla DX merupakan mobil sedan klasik yang masih dicari oleh kalangan anak muda. Mobil sedan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual, Lebih Mahalan Mana?

Saat hendak membeli mobil baru, transmisi menjadi salah satu bahan pertimbangan. Alasannya karena akan mempengaruhi… Selengkapnya

23 Mei 2022

Bingung Cara Menghitung Penyusutan Harga Mobil? Begini Caranya!

Daya beli mobil semakin meningkat. Sekarang kamu dengan mudahnya memiliki satu unit mobil tanpa perlu… Selengkapnya

21 Mei 2022