Tips Otomotif

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Bermasalah

Aki mobil merupakan komponen yang sangat vital pada sebuah mobil. Aki ini memiliki fungsi sebagai sumber kelistrikan pada kendaraan. Tanpa aki, semua komponen di mobil tentu saja tidak dapat menyala. Umumnya, aki mobil ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah.

Aki basah mengandung cairan elektrolit, sedangkan aki kering menggunakan gel sebagai pengganti cairan untuk merendam sel-sel aki. Sebab, gel tersebut juga mengandung air aki. Selain itu gel aki kering tidak mudah menguap seperti aki basah.

Saat ini, para pengguna banyak menggunakan jenis aki kering atau Maintance Free. Sebab, aki kering memiliki kelebihan bebas perawatan dan tidak perlu mengisi air aki secara berkala. Memasangnya pun sangat mudah, bisa diletakan dalam posisi apapun tanpa khawatir bermasalah. Selain itu aki kering lebih tahan lama dan tahan korosi.

Walaupun demikian, tak menutup kemungkinan aki kering juga memiliki kekurangan. Lantas, apa penyebabnya dan bagaimana jika aki kering bermasalah, bagaimana cara memperbaiki aki kering yang bermasalah?

Penyebab Aki Kering Mengalami Kerusakan

Aki kering tentu saja dapat mengalami kerusakan atau mati total. Selain itu, tentu saja ada beberapa hal yang menyebabkannya, salah satunya karena mobil atau mesin jarang dihidupkan atau dipanaskan. Hal ini tentu membuat aki kering menjadi drop akibat supply pengisian yang dibutuhkan tidak mumpuni.

Walaupun kendaraan tidak digunakan, sangat dianjurkan untuk melakukan warm up atau memanaskan mesin kendaraan setiap dua hari sekali selama kurang lebih 15 menitan. Selain itu, kebersihan aki juga harus dijaga untuk membuat masa pakai aki lebih awet.

Bagaimana Cara Memperbaiki Aki Kering Bermasalah?

Saat aki kering bermasalah atau mati total, tidak ada salahnya untuk memperbaiki terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli aki kering yang baru. Lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk memperbaikinya, yaitu:

Siapkan Alat

Alat yang harus dipersiapakan untuk memperbaiki aki kering yaitu, air aki khusus dan bukan isi ulang untuk aki kering, obeng minus pembuka penutup aki. Kain atau lap, dan juga alat suntik yang digunakan untuk memasukan air aki ke dalam box aki kering.

Bersihkan Aki Kering

Pertama-tama, lepaskan dan bersihkan aki kering. Pembersihan aki ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masuk dan dapat mengganggu proses perbaikan aki kering. Gunakan kain lembut untuk membersihkannya.

Bongkar Penutup Aki

Gunakan obeng minus yang telah disiapkan untuk membongkar tutup aki. Terkadang untuk membukanya cukup sulit, sehingga kamu harus berhati-hati agar kondisi aki tidak rusak parah dalam kondisi mati total.

Isi Air Aki Kering

Aki kering mulai kamu isi menggunakan air aki menggunakan kain lap dan alat suntik yang telah kamu siapkan saat pertama. Pastikan terlebih dahulu jika lubang karet di aki sudah benar-benar terbuka. Lalu, masukan air aki ke suntukan da nisi setiap lubang hingga 1 centimeter di bawah lubang aki.

Kamu bisa mengulangnya hingga semua lubang karet terisi air aki. Setelah itu, tutup kembali lubang karet secara rapat. Kemudian tutup kembali aki mering seperti semua dan pastikan tidak aka nada celah untuk udara masuk.

Isi Daya Listrik

Mengisi daya listrik aki, umumnya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan charge/setrum listrik atau mengisi dengan jumper. Mengisi menggunakan setrum listrik pada aki seperti diibaratkan mencharger daya ponsel. Biasanya setrum aki ini banyak tersedia di bengkel-bengkel.

Sedangkan untuk jumper, mengisinya dengan cara menghubungkan kutub positif dan negatif aki dengan aki yang lainnya. Lalu, tunggu sekitar 30-60 menitan.

Cek dengan Alat Ukur

Setelah isi daya listrik telah selesai, jangan lupa untuk mengeceknya menggunakan alat ukur untuk memastikan bahwa daya benar-benar terisi dan bekerja dengan baik. Jangan sampai sudah cukup lama menunggu ternyata daya listrik aki tidak terisi secara optimal, bahkan tidak bekerja sma sekali.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022