Belajar Mengendarai Mobil, Inilah Tips Agar Tidak Grogi!

Bagi Pemula, Inilah Tips Belajar Mengendarai Mobil Agar Tidak Grogi! (2)

Saat belajar mengendarai mobil, tak jarang banyak orang yang merasa grogi. Hal ini tentunya disebabkan karena beberapa alasan. Mulai dari mereka yang tidak percaya diri karena belum memiliki jam terbang yang cukup atau bahkan karena rasa takut berlebih akan terjadinya resiko yang tidak diinginkan. Namun, semua itu bisa diatasi dengan segera. Asalkan, kamu paham cara menyiasatinya.

Tips Belajar Mengendarai Mobil

Nah sebelum belajar mengendarai mobil, terdapat sejumlah tips yang bisa membantu kamu untuk meminimalisir rasa grogi tersebut. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Belajar dengan Profesional

Dalam hal ini, kamu bisa belajar dengan seorang profesional yang sudah ahli dalam mengemudi. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari rasa grogi karena pengajar profesional sudah sangat memahaminya. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan teknik mengemudi dari pengajar profesional tersebut. Oleh karena itu, disarankan agar kamu mengikuti kursus menyetir mobil supaya lebih aman.

Pahami Fungsi dari Berbagai Komponen

Sebelum belajar, ada baiknya kamu memahami berbagai fungsi dari komponen yang terdapat pada kabin mobil. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah saat menggunakannya. Seperti halnya, pada pedal mobil. Diketahui bahwa pedal paling kanan merupakan pedal gas, lalu pedal tengah adalah rem, dan yang paling kiri adalah pedal kopling jika kamu mengendarai mobil manual.

Selain itu, tepat di sebelah kiri kamu terdapat tuas transmisi dan juga rem tangan. Tuas transmisi ini berfungsi agar kita bisa mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sedangkan untuk rem tangan digunakan saat kamu akan berhenti atau parkir.

Jangan Panik dan Tetap Fokus

Saat kamu sedang belajar mengemudi, usahakan untuk tetap fokus dan jangan panik. Sebab, jika kamu merasa panik maka akan membuat konsentrasimu menjadi buyar. Hal ini bisa saja menyebabkan kamu salah menginjak rem atau bahkan memindahkan gigi.

Perbanyak Jam Belajar Mengemudi

Nah untuk lebih memperlancar keterampilan mengemudi kamu, maka perbanyaklah jam belajar mengemudi. Sebagai langkah awal, kamu bisa berlatih di jalanan yang sepi terlebih dahulu. Kemudian, baru mencoba di jalanan yang ramai. Konsistensi merupakan kunci awal agar semakin lancar dalam berkendara. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati ya! Sebab, saat berada di jalanan kamu tidaklah sendiri. Terdapat pengguna jalan lain yang juga berada di sekitar mobil kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan