Besaran Tarif Tol Surabaya Probolinggo Terbaru 2021

Tarif Tol Surabaya Probolinggo

Tarif Tol Surabaya Probolinggo – Jalan tol Surabaya-Probolinggo adalah salah satu ruas yang masuk ke dalam bagian Trans Jawa yang berada di bagian ujung timur koridor Surabaya-Gempol-Banyuwangi. Jalan tol yang satu ini menyambungkan antara Kota Surabaya dengan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ketika melewati jalan tol ini, kamu akan melewati beberapa kota dan juga kabupaten. Sebut saja diantaranya ada Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.

Perlu diketahui, setidaknya terdapat tiga ruas tol yang akan kamu lewati, mulai dari ruas tol Surabaya-Gempol, tol Gempol-Pasuruan, dan tol Pasuruan-Probolinggo. Berbicara tarif tol Surabaya Probolinggo sendiri, berikut rincian tarif total berdasarkan masing-masing ruasnya.

Baca Juga: Besaran Tarif Tol Cipali Terbaru 2021

Tarif Tol Surabaya Probolinggo Seluruh Ruas

1. Ruas Tol Surabaya-Gempol

Ruas tol yang pertama adalah Surabaya-Gempol, jalan tol yang satu ini memiliki panjang jalan sejauh 45 km yang terbentang mulai dari Bundaran Waru, Kabupaten Sidoarjo dan berakhir di gerbang tol Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Untuk tarif Surabaya-Gempol sendiri dibagi menjadi 5 golongan kendaraan. Untuk mobil golongan I seperti sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus akan dikenakan tarif sebesar Rp18.000. Sementara untuk golongan II (truk dua gandar) dan golongan III (truk tiga gandar) dikenakan tarif Rp27.500. Kemudian untuk golongan IV (truk empat gandar) dan golongan V (truk lima gandar) akan dikenakan tarif sebesar Rp36.500.

2. Ruas Tol Gempol-Pasuran (Grati)

Ruas tol selanjutnya ada Gempol-Pasuruan (Grati), ruas tol ini juga sering disebut sebagai Gempat. Tol yang memiliki panjang 34 km ini menghubungkan Kecamatan Gempol dengan Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Untuk tarif Gempol-Pasuruan bagi kendaraan golongan I akan dikenakan tarif Rp36.000, golongan II dan golongan III Rp54.000. Sedangkan untuk golongan IV dan IV akan dikenakan tarif Rp72.000.

3. Ruas Pasuruan (Grati)-Probolinggo

Ruas jalan terakhir yang termasuk bagian dari tol Surabaya-Probolinggo adalah Pasuruan (Grati)-Probolinggo. Jalan tol satu ini menghubungkan dua kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Pasuruan dan juga Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Tarif Tol Cirebon-Semarang Terbaru 2021

Perlu kamu ketahui juga bahwa terdapat tiga gerbang tol keluar yang bisa kamu pilih pada saat sampai di Probolinggo. Yang pertama ada Tongas, lalu ada gerbang tol Probolinggo Timur, dan terakhir ada gerbang tol Probolinggo Barat. Pilihlah gerbang tol yang memang paling dekat ke tempat tujuan yang kamu inginkan.

Dan untuk tarif ruas Pasuruan-Probolinggo ini sudah diatur berdasarkan Kepmen PUPR pada 26 Juli 2021 silam. Untuk kendaraan golongan I dikenakan tarif sebesar Rp30.000, golongan II dan III dikenakan tarif Rp45.000, lalu untuk golongan IV dan V dikenakan tarif sebesar Rp60.000.

Baca Juga: Rincian Tarif Tol Semarang – Solo 2022

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan