Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual, Lebih Mahalan Mana?

Biaya Perawatan Mobil Matic Vs Manual

Saat hendak membeli mobil baru, transmisi menjadi salah satu bahan pertimbangan. Alasannya karena akan mempengaruhi biaya perawatan mobil untuk ke depannya. Transmisi pada mobil merupakan salah satu komponen yang membutuhkan perawatan secara berkala agar performa kendaraan tetap tampil prima.

Transmisi mobil terdiri dari dua jenis, yaitu transmisi manual dan transmisi matic. Banyak orang yang menganggap bahwa biaya perawatan mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Apakah pernyataan tersebut fakta atau hoax? Kali ini, HSR Wheel akan mengupas mengenai biaya perawatan mobil matic vs manual, siapakah yang paling mahal diantara mereka?

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Mobil Matic dan Manual?

Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual

Biaya perawatan mobil matic memang lebih mahal daripada mobil manual, terutama saat mengganti oli. Hal ini disebabkan karena komponen yang menyusun mobil matic lebih kompleks. Selain itu, mobil matic terdiri dari berbagai komponen elektrik hingga hidrolik yang akan membantu saat pergantian gigi.

Sedangkan, mobil manual hanya mengandalkan si pengendara, contohnya saat pergantian gigi. Apabila terjadi kebocoran pada transmisi matic maka pemilik kendaraan harus mengganti seluruh komponen mobilnya. Sehingga membutuhkan dana yang besar.

Hal inilah yang membuat perawatan mobil matic lebih mahal daripada mobil manual. Akan tetapi, biaya perawatan yang mahal bisa diminimalisir. Jika kamu rajin mengganti oli pada mobil matic secara berkala. Sehingga performa mobil akan tetap tampil prima.

Meski biaya perawatan mobil matic lebih mahal dari mobil manual. Akan tetapi, secara psikologis menggunakan mobil matic lebih nyaman daripada menggunakan mobil manual dan dapat mengurangi tingkat stress, terutama saat jalanan macet. Saat kondisi jalanan macet, kamu hanya perlu menginjak pedal gas. Sedangkan pada mobil manual, pengemudi perlu menginjak kopling terus sehingga kaki akan lebih cepat pegal. Hal ini akan membuat kondisi fisik pengemudi cepat lelah.

Oleh karenanya, sebelum menentukan ingin membeli mobil matic maupun manual, kamu perlu menimbang dari segala aspek, termasuk psikologis. Jangan hanya berpatokan pada satu hal saja, yaitu biaya perawatan.

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan