AC Mobil Grand Livina Rusak? Ini Dia Biaya Servicenya!

Biaya Service AC Mobil Grand Livina

Grand Livina merupakan salah satu mobil jenis MPV kompak. Mobil ini memiliki desain interior yang megah, mewah, dan kabin mobil yang lega. Tidak hanya itu saja, Grand Livina juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengemudi.

Salah satunya AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan sehingga akan memberikan kenyamanan saat berkendara. Sehingga apabila komponen ini rusak, akan membuat suhu kabin mobil menjadi panas dan tentu mengganggu kenyamanan pengemudi maupun penumpang.

Nah pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai biaya service AC mobil Grand Livina, cara mengecek, dan bengkel untuk service AC mobil di Jakarta. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Jadi Ini, 8 Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak!

Biaya Service AC Mobil Grand Livina

AC mobil menjadi salah satu bagian terpenting bagi kenyamanan pengemudi karena jika komponen ini rusak akan meningkatkan suhu kabin mobil. Sehingga menimbulkan bau tak sedap dan membuat pengemudi gerah. Oleh karenanya, jika komponen AC mobil Grand Livina rusak segera untuk memperbaikinya ke bengkel terpercaya dan terdekat di kota kamu.

Biaya service AC mobil tergantung dengan kerusakan yang ada pada komponen AC mobilnya. Semakin banyak kerusakan yang terjadi, maka akan semakin banyak biaya yang dibutuhkan. Namun, yang perlu kamu ingat bahwa AC mobil harus di service setiap satu tahun sekali atau jika sudah menempuh jarak 10.000 km sampai dengan 20.000 km.

Biaya service AC mobil Grand Livina dapat dikategorikan lebih murah dibandingkan dengan mobil Eropa lainnya. Biaya service AC mobil ini sekitar Rp300 ribuan. Ini hanya biaya service, belum termasuk biaya spare part yang rusak.

Apabila ada komponen spare medium yang rusak akan membutuhkan biaya sekitar 1 jutaan. Namun, apabila kamu melakukan  service dalam sekala besar, biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp1,5 jutaan sudah termasuk flushing system dan penggantian oli kompresor.

Beda lagi jika komponen evaporator atau kompresor yang rusak akan memakan biaya sekitar Rp2 jutaan. Harga ini hanya untuk penggantian kompresor saja, belum termasuk biaya jasa dan lain-lain.

Penggantian beberapa komponen seperti seal, thrust bearing, soe, shaft seal membutuhkan biaya sebesar Rp475 ribu sampai dengan Rp700 ribu. Namun, dengan catatan, komponen utama seperti piston, noken as, dan silinder piston tidak ada yang mengalami kerusakan.

Biaya service AC mobil Grand Livina yang paling murah adalah penggantian fan belt dan extra fan. Harga sebuah fanbelt AC mobil mulai dari Rp40 ribuan, sementara extra fan paling murah Rp300 ribuan.

Cara Mengetahui Komponen AC Mobil Rusak

Apabila kendaraan kamu jarang sekali di service, kamu bisa memeriksa beberapa komponen di bawah ini untuk mengetahui apakah AC mobil kamu masih dalam kondisi baik atau tidak. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

1. Periksa Filter AC Mobil

Filter AC mobil merupakan salah satu fitur yang terletak di dasbor mobil. Fitur ini memiliki fungsi untuk menyaring kotoran atau debu yang masuk di dalam kabin. Sehingga apabila terlalu banyak kotoran atau debu yang menggumpal membuat AC menjadi tidak dingin lagi.

Solusinya lepas terlebih dahulu fitur AC dengan cara membuka glove box. Setelah itu, buka penutup filter AC lalu tarik. Apabila kondisi filter AC sudah sangat kotor, maka kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Cek Permukaan Evaporator

Selanjutnya, kamu juga bisa periksa bagian evaporator AC, apakah mengalami sumbatan atau tidak. Tersumbatnya evaporator bisa membuat hembusan angin melemah dan AC tidak terasa dingin.

Cara mengetahui kebocoran pada evaporator hampir sama dengan mengecek ban mobil yang bocor. Kamu bisa membongkar terlebih dahulu dan beri tekanan udara sembari direndam dalam bak air. Apabila terdapat kebocoran maka akan terlihat gelembung udara.

3. Cek Freon AC

AC mobil yang tidak dingin bisa jadi karena freon AC mengalami kerusakan. Apakah freon mengalami kebocoran atau kehabisan. Cara mengeceknya bisa dengan melihat kondisi freon melalui kaca di filter AC pada waktu mesin menyala. Freon yang terlihat berbusa menjadi tanda bahwa freon AC sudah habis.

Jika masih ada, maka akan terlihat lebih bening. Cara mengecek freon AC juga bisa melalui lubang pengisian freon. Kamu bisa membuka penutupnya, kemudian tekan atau tusuk menggunakan alat bantu seperti paku. Apabila keluar semburan gas, bertanda masih ada cairan freon.

Baca Juga: Blower AC Mobil Mati? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Bengkel Service AC Mobil di Jabodetabek

Bagi kamu yang ingin service AC mobil di Jakarta, kamu bisa datang ke beberapa bengkel di bawah ini. Simak informasi di bawah ini sampai selesai yaaa!

1. Victory Jaya AC

Bengkel Victory Jaya AC di Kembangan, Jakarta Barat. Bengkel AC mobil satu ini menjadi salah satu yang terbaik di Jakarta dengan pelayanan yang maksimal.

Banyak konsumen mengatakan jika Victory Jaya AC memiliki harga sparepart dan jasa yang terbilang murah. Pengerjaannya pun cukup detail oleh tenaga kerja berpengalaman dengan hasil yang maksimal.

2. Prioritas Jaya AC

Selain itu, kamu juga bisa datang ke bengkel Prioritas Jaya AC yang terletak di Cibubur, Bogor. Kamu bisa konsultasi lebih dalam mengenai permasalahan pada AC mobilmu

3. Kartika AC Mobil

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta Selatan, bisa berkunjung ke bengkel Kartika AC Mobil untuk service AC Mobil yang teletak di  Kec. Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pelayanan disana sangat profesional dan harganya bersahabat

Selain merawat bagian AC mobil, kamu juga perlu untuk merawat komponen mobil yang lain, seperti velg dan ban mobil. Bagi kamu yang ingin ganti ban maupun velg mobil, kunjungi diler HSR Wheel terdekat di kotamu atu kamu bisa chat Customer Service kami melalui link di bawah ini

Chat Disini

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan