Berita Otomotif

Buat SIM A dan SIM C Sudah Bisa Lewat Handphone

Resmi, 12 April 2022 buat SIM A dan SIM C sudah bisa lewat smartphone. Kabar baik ini datangnya langsung dari Korlantas Polri. Menurut beliau, mulai tanggal 12 April masyarakat Indonesia sudah tidak perlu datang langsung ke Polres untuk membuat SIM A dan SIM C. Sekarang mereka sudah bisa membuat SIM hanya dari smartphone mereka.

Syarat masyarakat yang hendak membuat SIM A dan SIM C  secara online, yaitu mereka wajib mengunduh aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) dan bisa digunakan mulai 12 April mendatang.

Oleh karena itu, sekarang masyarakat tidak perlu repot-repot untuk datang pagi-pagi ke Polres dan mengantri menunggu nomer panggilannya. Sekarang mereka cukup mengisi data pribadi mereka hanya dari rumah saja. Sedangkan untuk sistem pembayarannya dapat melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) baik datang langsung ke banknya atau transfer.

Sementara itu, untuk proses ujian teori dilakukan secara online melalui aplikasi SINAR. Untuk ujian psikotes dilakukan melalui aplikasi E-PPsi dan untuk ujian kesehatan dilakukan melalui aplikasi E-Rikkes. Semua tesnya dilakukan secara online melalui aplikasi SINAR dan bersifat transparan, kecuali untuk ujian praktek, para pembuat SIM A dan C diharapkan tetap untuk datang ke Polres untuk melaksanakannya.

Pembuatan SIM A dan SIM C secara online diharapkan agar masyarakat lebih sadar tentang pentingnya peraturan lalu lintas. Selain itu, tujuan pembuatan SIM A dan SIM C secara online adalah untuk memudahkan masyarakat Indonesia serta dan mengurangi kerumuman di tengah kondisi pandemi sekarang ini.

Baca artikel lainnya: Cara Bayar Pajak Kendaraan Lewat Tokopedia Tanpa Ribet

Langkah Buat SIM A dan SIM C Secara Online

Meningkatnya perkembangan teknologi, membuat segala aktivitas masyarakat semakin mudah, contohnya membuat SIM A dan SIM C. Sebelumnya, untuk membuat SIM A dan C masyarakat Indonesia harus datang pagi-pagi hanya untuk mengambil nomor antrean dan mereka harus menunggu cukup lama. Dengan semakin mudahnya  pembuatan SIM A dan SIM C maka diharapkan masyarakat lebih menyadari tentang syarat-syarat berkendaraan.

Berikut ini adalah langkah membuat SIM A dan SIM C secara online:

1.  Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mendownload aplikasi SINAR pada Playstore atau App Store.

2.  Setelah kamu selalui mendownload aplikasi SINAR, maka kamu harus melakukan verikasi nomor handphone.

3. Setelah proses verifikasi selesai, maka kamu bisa langsung mengisi biodata pribadi kamu, seperti nama lengkap, NIK, Foto KTP, dan Foto KTP Selfie.

4. Langkah selanjutnya, yaitu kamu harus memilih jenis SIM yang hendak dibuat.

5. Kamu bisa melakukan pembayaran PNBP SIM baru.

6. Setelah kamu selesai melakukan pembayaran, maka langkah selanjutnya yaitu kamu melakukan ujian teori melalui aplikasi tersebut.

7. Apabila kamu dinyatakan lulus, maka kamu akan mendapatkan QR kode untuk bisa masuk ke langkah selanjutnya.

8. Setelah itu, kamu bisa pilih Satpas

9. Langkah terakhir, yaitu tinggal memilih jadwal ujian praktek.

Meskipun membuat SIM A dan SIM C sudah dilakukan secara online namun setiap pendaftar harus lulus terlebih dahulu dalam tahap registrasi yang dilakukan dalam aplikasi SINAR. Setelah dinyatakan lulus, maka pendaftar harus datang ke Satpas untuk melaksanakan sidang.

Berikut Daftar Harga Untuk Membuat SIM

Untuk harga pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) biasanya berbeda-beda tergantung dengan jenis SIM yang dipilih. Berikut daftar harga membuat SIM A dan SIM C tahun 2022:

1. Untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A biasanya memerlukan uang sebesar Rp. 120.000 ribu

2. Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) B I seharga Rp. 120.000

3. Pembuatan SIM B II seharga Rp. 120.000

4. Pembuatan SIM C I seharga Rp. 100.000

5. Pembuatan SIM C II seharga Rp 100.000

6. Pembuatan SIM D seharga Rp. 50.000

7. Pembuatan SIM D I seharga Rp. 50.000

8. Pembuatan SIM Internasional seharga Rp. 250.000

Nah sekarang kamu sudah tahu kan langkah-langkah membuat SIM A dan SIM C melalui aplikasi SINAR.

Baca artikel menarik lainnya: Jenis-jenis SIM yang ada di Indonesia 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022