Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil, Ini Penyebabnya

Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

Muncul bunyi gluduk pada roda depan mobil biasanya terjadi karena ada beberapa masalah yang terjadi pada komponen tertentu. Selain terjadi di roda depan mobil, bagian belakang pun biasanya mengalami kondisi yang sama seperti ini alias muncul bunyi gluduk-gluduk.

Bunyi yang tidak membuat nyaman ini biasanya akan muncul ketika mobil melewati medan jalan yang bergelombang. Ketika mobil melewati jalanan bergelombang atau tidak rata, maka akan muncul bunyi seolah ada barang yang tergoncang dari arah kaki-kaki mobil. Apakah normal apabila kaki-kaki mobil muncul bunyi seperti ini?

Penyebab Bunyi Gluduk pada Roda Depan Mobil

Berikut di bawah ini adalah ulasan lengkap mengenai penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil atau belakang yang tentunya mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

1. Long Tie Rod Aus

Long tie rod adalah komponen yang terususun dari komponen lainnya seperti tie rod, ball joint, dan juga rack end. Ketiga komponen ini saling bekerjasama untuk menyelaraskan kaki-kaki mobil terhadap gerakan kemudi setir. Namun, apabila long tie rod atau ada salah satu komponen yang aus, maka setelan yang ada pun menjadi longgar.

Hal ini tentunya mengakibatkan timbul bunyi gluduk-gluduk dan efek lainnya setir mobil akan menjadi berat. Mungkin akan timbul sebuah pertanyaan, apa penyebab long tie rod aus? Perlu diketahui bersama, long tie rod bisa aus dikarenakan cara mengemudi yang kurang tepat ketika melewati jalan rusak.

Ketika mobil melewati jalanan rusak dengan kecepatan yang tinggi, maka long tie rod akan mendapatkan beban yang sangat berat. Dari beban ini akan menimbulkan komponen yang saling bertabrakan, dan komponen yang saling bertabrakan ini akan mencapai tingkau keausan dengan cepat. Jadi, ada baiknya pada saat mengemudi mobil gunakan kecepatan yang standar terlebih ketika melewati jalanan rusak.

2. Karet Bushing Arm Menipis

Bushing arm adalah komponen yang memiliki fungsi untuk menahan getaran dari ban mobil dan juga mesin mobil. Bentuk dari komponen ini mirip seperti botol dengan pipa besi yang dilapisi karet di dalamnya. Umumnya, sebuah mobil disematkan delapan buah bushing arm, empat ada di depan dan empat lainnya di bagian belakang.

Dan ketika kaki-kaki mobil bunyi gluduk-gluduk, maka komponen ini bisa menjadi salah satu penyebabnya. Bunyi gluduk tersebut akan terdengar apabila karet yang terpasang di bushing arm menjadi tipis. Dalam beberapa kasus yang parah bahkan bushing arm sudah dalam kondisi sangat rusak dengan lapisan karet yang hilang. Untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan cara mengganti karet bushing arm dengan yang baru.

3. Bushing Stabilizer Longgar

Penyebab munculnya bunyi gluduk pada roda depan mobil selanjutnya datang dari komponen bushing stabilizer. Komponen ini memiliki fungsi untuk menahan getaran dari link stabilizer agar tidak merambat ke arah chassis mobil. Selama masa penggunaan, bushing stabilizer ini bisa mengalami kerusakan, longgar, hingga menipis.

Hal tersebut terjadi karena komponen ini menahan getaran dari link stabilizer dengan isolator yang berupa karet. Apabila karet ini aus, maka secara otomatis bushing stabilizer ini pun akan longgar.

4. Shock Breaker Mati

Selain bushing stabilizer, shock breaker mobil juga bisa menyebabkan bunyi gluduk-gluduk pada roda kendaraan. Ketika kamu mendengar bunyi gluduk-gluduk pada saat melintasi jalanan rusak atau jalan yang tidak rata, maka segera lakukan pengecekan pada shock breaker mobil.

Untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak pada shock breaker, maka lakukan quick check. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu merasakan ayunan shock breaker saja. Ketika melewati jalanan yang tidak rata, rasakan ayunan shock breaker dengan seksama. Ketika shock breaker terayun naik-turun ketika melewati jalan yang tidak rata, maka bisa dipastikan ada kerusakan pada shock breaker.

5. Karet Support Shockbreaker Rusak

Penyebab terakhir dari munculnya bunyi gluduk pada roda mobil ada karena karet support yang mulai rusak. Karet support ini letaknya ada di atas dari komponen shock breaker dan juga terhubung langsung dengan bodi mobil. Fungsi karet support shockbreaker adalah untuk meredam getaran yang dihasilkan ban mobil untuk tidak merambat ke bodi mobil.

Apabila karet ini sudah aus atau rusak, maka bunyi gluduk-gluduk pada saat berkendara akan terdengar. Bunyi ini akan muncul ketika mobil melewati jalanan yang tidak rata. Sumber suara datang dari roda mobil bagian atas. Solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan penggantian karet support atau menyetel ulang kembali aut pengikat di antara karet support dan juga shock breaker.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan