Cakram Mobil Berkarat, Inilah Cara Mencegahnya!

Inilah Tips Mencegah Cakram Mobil Berkarat Saat WFH

Saat mobil jarang digunakan, maka kamu perlu waspada jika seandainya cakram mobil berkarat. Cakram rem mobil merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil selain velg dan ban. Nah sebenarnya, ini merupakan hal yang cukup lumrah terjadi. Biasanya, disebabkan karena berkurangnya intensitas penggunaan kendaraan sehingga berpengaruh terhadap kondisi dari komponen-komponennya. Meskipun kondisinya tidak fatal, akan tetapi bisa membuat kinerja dari komponen tersebut menjadi tidak optimal lho!

Tips Mencegah Cakram Mobil Berkarat

Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah cakram mobil berkarat. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Rutin untuk Memanaskan Mobil

Pada dasarnya, ini bisa menjadi langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya karat pada bagian cakram rem. Dalam hal ini, sebaiknya kamu rutin untuk memanaskan mobil minimal seminggu sekali. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling rumah sambil memanaskan mobil tersebut. Nah yang perlu menjadi catatan bahwa karat sendiri memang bisa menyebabkan kinerja rem menjadi berkurang atau bahkan bisa menimbulkan bunyi.

Dikutip dari beberapa sumber, karat ini umumnya hanya menempel pada permukaan saja. Adapun dengan menjalankan mobil, maka bisa membuat karat yang menempel tersebut menjadi rontok. Oleh karena itu, jangan sampai mendiamkan mobil kamu selama berbulan-bulan ya. Sebab, karat yang tadinya hanya menempel pada permukaan tersebut, bisa saja merambat sampai ke dalam cakram lho!

Pemberian Surface Treatment

Pada dasarnya, cara yang satu ini diklaim mampu mengatasi sekaligus mencegah timbulnya karat. Hal ini disebabkan karena dengan pemberian surface treatment, maka dianggap bisa mempertahankan sifat dari inti materialnya. Nah biasanya, cara ini dilakukan pada bagian rotor rem cakram mobil.

Service Kampas Rem

Banyaknya kotoran yang terdapat pada komponen ini, menandakan bahwa mobil kurang melakukan perawatan. Nah untuk menjaga agar kinerja komponen-komponen tersebut tetap baik, maka kamu harus rutin untuk melakukan service. Dalam hal ini, cakram sendiri memang dirancang berfungsi sebagai bantalan gesekan untuk kampas rem.

Dengan demikian, agar rem tersebut dapat bekerja secara optimal maka perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan service biasanya setiap 6 bulan sekali. Nah dengan rutin melakukan service, maka kamu bisa mencegah terjadinya masalah tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan