Kategori: Tips Otomotif

5 Cara Agar BBM Irit Untuk Menghemat Pengeluaran

Cara Agar BBM Irit – Di masa pandemi Covid-19 saat ini, keadaan ekonomi semua orang memang sedang sulit. Semua orang kini berupaya menghemat pengeluarannya dari berbagai sektor, termasuk dari konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan yang tentu saja masuk kedalam daftar pengaturan keuangan. Maka dari itu, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat konsumsi bahan bakar minyak pada kendaraan menjadi lebih hemat.

5 Cara Agar BBM Irit

Untuk mengetahui cara-cara menghemat bahan bakar tersebut, kamu bisa menyimak ulasannya di bawah ini :

1. Gunakan Oktan Tinggi

Ketika ingin membeli bahan bakar minyak, usahakan kamu membeli bahan bakar dengan oktan yang tinggi. Dengan oktan yang tinggi, maka proses pembakaran pada mesin pun menjadi lebih baik. Artinya, jika pembakaran pada mesin menjadi sempurna, maka kumsinya juga akan menjadi lebih efisien. Selain itu, bahan bakar dengan oktan tinggi juga bagus untuk kesehatan mesin kendaraan.

2. Hindari Kemacetan

Gaya berkendara dari seseorang juga mampu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Terlebih jika berkendara di kondisi jalanan yang macet. Berkendara di jalan yang sedang macet selain membuang waktu juga membuang bahan bakar terlalu banyak. Maka, jika bisa hindarilah jalanan dengan kondisi yang macet.

3. Atur Kecepatan Laju Kendaraan

Biasanya, orang akan menginjak pedal gas dalam untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi. Padahal, hal tersebut membuat bensin yang keluar akan lebih banyak. Semakin dalam kamu menginjak pedal gas, maka semakin besar pula bensin yang dikeluarkan ke ruang pembakaran. Maka, ada baiknya ketika menggunakan kendaraan melaju dengan kecepatan yang stabli. Untuk mobil dengan transmisi manual, ketika menggunakan gigi tinggi di jalanan menanjak dapat menguras bahan bakar lebih banyak. Begitupun dengan menggunakan gigi rendah secara terus menerus ketika jalanan normal. Atur gigi kendaraan kamu secara tepat untuk menghindari pemborosan bahan bakar pada kendaraan.

4. Kurangi Penggunaan AC

AC memang menjadi salah satu fitur penunjang kenyamanan pada mobil. Namun ketika kamu ingin menghemat pengeluaran bahan bakar, maka dengan mematikan AC  bisa membantu kamu untuk menghemat BBM. Hal tersebut karena ketika AC menyala, penggunaan bahan bakar pada kendaraan akan terus berjalan. Maka sebaiknya jika kondisi udara diluar sedang sejuk, tidak menyalakan AC terlebih dahulu.

5. Cara Agar BBM Irit : Perhatikan Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban mobil juga bisa mempengaruhi performa mesin. Jika tekanan angin ban terlalu rendah, maka ban akan lebih sulit untuk berputar, ketika itu terjadi maka mesin akan bekerja lebih berat dari biasanya. Ketika mesin bekerja lebih berat, maka mesin membutuhkan lebih banyak asupan bahan bakar. Maka dari itu selalu periksa kondisi tekanan angin pada ban mobil agar selalu dalam kondisi sesuai standar.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu