Kategori: Tips Otomotif

Cara Belajar Mobil Dengan Aman dan Benar

Cara Belajar Mobil – Mengendarai mobil untuk seorang pemula memang membuat rasa khawatir timbul beserta rasa percaya diri yang menurun. Maka tak jarang terjadi kasus kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa karena lalainya pengemudi yang masih belajar.

Ketika berkendara, pengemudi perlu meningkatkan kewaspadaan, kesabaran dan ketelitian. Mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat mengemudi juga sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diingkan saat di jalanan.

9 Cara Belajar Mobil Dengan Aman

Dikutip melalui laman resmi merdeka.com, berikut adalah cara mengemudi mobil dengan aman untuk pemula.

1. Pahami Seluruh Fitur dan Fungsi

Pahami Fitur dan Fungsi

Mobil sendiri terbagi menjadi dua transmisi, yaitu manual dan juga matic. Cara mengemudi mobil yang aman adalah pahami dulu fungsi dan fitur yang ada di dalam kabin mobil. Jangan lupa juga untuk memerhatikan secara seksama beberapa pedal yang ada di bawah, mulai dari yang paling kanan ada pedal gas, rem, dan juga pedal kopling (untuk mobil manual).

Lalu beralih ke sisi kiri tempat duduk pengemudi ada sebuah tuas transmisi dan juga rem tangan. Tuas transmisi ini berfungsi untuk mengatur tenaga dan juga kecepatan mobil. Sedangkan rem tangan berfungsi apabila kamu ingin parkir ataupun berhenti.

Lalu pahami fitur yang ada di kabin mobil juga, seperti cruise control, tombol lampu sign, Electronic Stability Control (ESC), klakson, dan fitur-fitur lainnya. Apabila seluruh fitur beserta fungsinya sudah dipahami dengan baik, maka rasa khawatir dan grogi akan lebih berkurang dibandingkan sebelumnya.

2. Pilih Mobil yang Tepat

Pilih Mobil yang Tepat

Untuk kamu yang masih awam, ada baiknya pilih mobil dengan transmisi manual dahulu. Hal ini untuk jaga-jaga dan juga melatih kemampuan, dan untuk kedepannya dapat mengemudi mobil manual ataupun mobil matik.

Untuk belajar mengemudi mobil, ada baiknya memilih mobil pick up terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pick up memiliki pandangan ke belakang yang lebih luas dan leluasa. Apabila dirasa sudah lancar, maka kamu bisa beralih ke mobil mewah lainnya.

Untuk kamu yang baru belajar mobil dengan menggunakan mobil matik, maka ada baiknya hati-hati ketika menginjak pedal. Karena mobil matik sendiri hanya bermain dengan pedal gas dan rem saja.

3. Atur Posisi Nyaman

Tips aman belajar mobil untuk pemula selanjutnya adalah mengatur posisi duduk kamu senyaman mungkin. Hal ini memang terlihat sederhana, namun sangat penting untuk dilakukan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah atur ketinggian jok agar jarak pandang menjadi luas dan tidak terhalang dashboard.

Kemudian sesuaikan jok dengan posisi kaki kamu ketika menginjak pedal, jangan sampai terlalu jauh sehingga akan sulit untuk menjangkau pedal. Perhatikan juga sandaran jok mobil, pastikan buat diri kamu nyaman saat mengemudi.

4. Kendarai Secara Perlahan

Setelah fungsi dan fitur sudah paham, dan posisi duduk nyaman sudah didapatkan. Maka selanjutnya adalah mengendalikan kendaraan agar jalan secara perlahan. Hal ini perlu dilakukan untuk lebih waspada dan teliti dengan fitur yang ada pada mobil.

5. Kuasai Teknik Parkir yang Benar

Kuasai Teknik Parkir yang Benar

Selanjutnya adalah kuasai teknik parkir yang benar. Ketika kamu sudah lihai dalam mengemudi mobil, maka selanjutnya adalah melatih teknik parkir agar tidak mencelakai orang lain. Apabila kamu menggunakan mobil manual, maka langkah pertama adalah injak kopling lalu masukkan gigi satu atau gigi mundur (sesuaikan saat parkir).

Perhatikan arah parkir dengan jeli, agar tidak berputar-putar di satu tempat saja. Kemudian turunkan rem tangan dan lepas pedal kopling secara perlahan, lakukan ini sembari menginjak pedal gas. Sedangkan untuk mobil matik, kamu perlu menurunkan rem tangan kemudian masukkan gigi ke posisi D atau R (sesuaikan saat parkir) lalu injak pedal gas secara perlahan dan hati-hati.

6. Tetap Fokus & Tenang

Tetap Fokus dan Tenang

Cara menyetir mobil dengan aman untuk pemula selanjutnya adalah usahakan untuk tetap fokus akan membuat kamu menjadi lebih waspada ketika memindahkan gigi. Hindari juga menyetir sembari menggunakan smartphone dan bercermin terlalu lama, hal tersebut tentu akan mengurangi fokus kamu saat menyetir.

7. Lakukan dengan Sering Menyetir Mobil

Untuk pemula tentunya akan semakin lihai apabila sering menyetir mobil. Akan lebih aman juga ketika menyetir didampingi oleh seseorang yang sudah professional, hal ini untuk berjaga-jaga saat menyetir di jalanan. Ketika kamu memiliki waktu luang, maka sempatkanlah untuk menyetir mobil di lapangan, ataupun tempat yang luas dan sepi.

8. Siaga Rem Saat Gas Mobil Stabil

DIantara banyaknya kasus kecelakaan, banyak pengemudi yang sudah merasa mengerti akan fitur dan kemampuan menyetirnya. Ketika sudah terlanjur menginjak gas dan juga menabrak, pengemudi awam yang sedang belajar akan menjadi gugup dan tidak langsung menginjak rem.

Apabila kamu merasa mobil terlalu cepat, maka segera geser kaki untuk menginjak rem mobil dan biarkan kaki kiri berada di pedal kopling. Fokuslah untuk membuat mobil lebih lambat atau melaju secara pelan dengan mengandalkan rem mobil.

9. Jangan Berlebihan

Cara belajar mobil untuk pemula yang terakhir adalah jangan menyetir mobil dengan berlebihan sehingga badan terlalu lelah. Beristirahat ketika merasa letih, terlebih ketika kamu sudah berkutat dengan kemacetan yang ada di kota. Badan yang rileks dan tidak lelah tentu akan membuat kefokusan kamu saat berkendara menjadi lebih terjaga.

Dan itu dia 9 cara mengemudi mobil matic dan manual dengan aman untuk pemula yang bisa kamu ikuti dan coba. Namun, selalu ingat untuk berhati-hati saat berkendara untuk keselematan diri sendiri dan juga pengemudi lain. Semoga bermanfaat.

Pos Terbaru

5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Untuk menggunakan mobil, kamu perlu menyalakannya dengan starter mobi. Seringkali ditemukan pemilik mobil acuh tak… Read More

11 Mei 2021

Begini Cara Merawat Jok Elektrik Mobil

Cara Merawat Jok Elektrik Mobil - Apakah kamu memiliki mobil yang dilengkapi dengan jok elektrik?… Read More

11 Mei 2021

Cara Pasang Ring Piston Mobil Dengan Benar & Aman

Bagaimana cara pasang ring piston mobil dengan benar dan mudah? Tentu saja untuk memasang ring… Read More

10 Mei 2021

Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Terbaru 2021

Tarif Tol Pekanbaru-Dumai - Jalan tol Pekanbaru-Dumai adalah bagian dari jalan tol Trans Sumatera. Jalan… Read More

8 Mei 2021

4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Penyebab mesin mobil cepat panas (overheat) sendiri ada beberapa faktor. Overheat merupakan istilah di mana… Read More

8 Mei 2021

4 Tips Merawat Mobil Sambil Ngabuburit

Tips Merawat Mobil Sambil Ngabuburit - Ramadhan adalah bulan yang memang penuh warna. Untuk Haiser… Read More

7 Mei 2021