Tips Otomotif

Cara Belajar Mobil Manual Hanya Dengan 4 Langkah

Belajar Mobil Manual – Mobil dengan transmisi manual saat ini memang sudah tidak sepopuler mobil matik. Walau pun demikian, sebagai pemilik mobil manual ada baiknya kamu bisa mengendalikan mobil sama baiknya dengan mobil matik.

Untuk seorang pemula, belajar mengemudi mobil manual dan matik memang tidak terlalu jauh berbeda. Yang membedakan mobil manual dari matik adalah adanya proses memindahkan tuas persneling pada saat perjalanan. Untuk kamu yang ingin atau sedang belajar mobil manual, maka simak beberapa tips di bawah ini agar proses belajar menjadi lancar dana man.

4 Langkah Mudah Belajar Mobil Manual

1. Pahami Fitur Mobil

Sebelum memulai untuk berkendara, kamu perlu memahami seluruh fitur yang tersemat di dalam kendaraan. Untuk mobil manual sendiri terdapat tiga buah pedal seperti kopling di sebelah kiri, rem di tengah, dan juga gas di sebelah kanan.

Kopling memiliki fungsi untuk memutus putaran roda dan mesin yang saling berhubungan dan juga untuk menaikkan dan menurunkan transmisi. Fungsi rem mobil adalah untuk menghentikan laju mobil, dan gas memiliki fungsi untuk memberikan akselerasi agar mobil dapat melaju ke depan.

Baca Juga : Cara Belajar Mobil Agar Tidak Grogi

2. Belajar Nyalakan Mobil

Selanjutnya silakan masuk ke dalam mobil dan kenakan seatbelt serta atur kaca spion. Setelah semuanya sudah, maka saatnya untuk menyalakan mobil. Langkah pertama adalah pastikan tuas transmisi berada di posisi netral yaitu antara transmisi ke tiga dan juga keempat.

Selanjutnya pastikan juga untuk menginjak pedal kopling secara dalam lalu nyalakan mesin mobil dengan tombol starter. Ketika mesin sudah menyala, maka segera lepaskan pedal kopling. Walaupun kondisi transmisi dalam keadaan netral, menekan kopling sebelum menyalakan mesin mobil dapat mencegah mobil berjalan ke depan.

3. Belajar Pindahkan Transmisi

Satu hal lagi yang perlu kamu pelajari, yaitu cara memindahkan transmisi dengan benar. Transmisi rendah bisa kamu gunakan saat mobil baru saja akan dijalankan, berkendara di kecepatan rendah, hingga melaju di tanjakan. Sementara untuk transmisi tertinggi untuk digunakan pada kecepatan yang tinggi.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin memindahkan transmisi adalah melihat kondisi putaran mesin harus di bawah 2000 rpm. Hal ini dilakukan agar proses perpindahan transmisi terasa halus.

Perlu dipahami juga bahwa kopling harus selalu digunakan pada saat manikkan atau menurunkan transmisi mobil. Setelah gigi sudah berpindah, maka kamu bisa mulai menginjak gas sembari melepaskan kopling secara perlahan.

4. Belajar menjalankan Mobil

Setelah kopling sudah diinjak, selanjutnya kamu hanya perlu memasukkan transmisi ke gigi 1. Selanjutnya, lepaskan kopling secara perlahan sembari menginjak pedal gas sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk melepas rem tangan.

Apabila dirasa mobil terlalu cepat melaju, maka kamu perlu mengerem dengan memindahkan kaki kanan kamu dari pedal gas ke pedal rem. Apabila mobil ingin berhenti, maka jangan lupa untuk menekan pedal kopling agar saat berhenti mesin mobil tidak langsung mati.

Pos Terbaru

Tips Ban Mobil Awet Saat Digunakan Sehari-hari

Tips Ban Mobil Awet - Ban mobil adalah komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan,… Read More

28 Oktober 2021

Cara Merawat Velg Mobil dengan Mudah dan Benar

Cara Merawat Velg Mobil - Saat ini beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami musim penghujan… Read More

28 Oktober 2021

4 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Ketika ingin melakukan perjalanan namun tiba-tiba mobil tidak bisa distarter adalah kondisi yang membuat panik… Read More

27 Oktober 2021

Mengenal 7 Teknik Eco Driving untuk Menghemat BBM

Teknik Eco Driving - Banyak dari para pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil menginginkan mobil yang… Read More

25 Oktober 2021

5 Mobil yang Cocok untuk Wanita

Mobil yang Cocok untuk Wanita - Untuk saat ini, mobil bukan lagi sebuah kendaraan yang… Read More

23 Oktober 2021

Ronaldo Pernah Jadi Korban, Begini Bahaya Mobil Kehabisan Bensin

Bahaya Mobil Kehabisan Bensin - Sebagai pengemudi kendaraan bermotor seperti mobil kamu perlu memahami beberapa… Read More

22 Oktober 2021