6 Tips Beli Mobil Online Agar Tidak Tertipu

tips beli mobil online

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung ke diler. Mereka hanya perlu menggunakan smartphone untuk membeli satu unit mobil melalui marketplace atau media sosial. Selain itu, pembeli juga dengan mudahnya menentukan jenis dan model yang sesuai keinginan dan kebutuhan. Pembeli juga tak perlu butuh waktu yang lama untuk mengetahui spesifikasi dan harganya. Karena semua itu, sudah tercantum pada marketplace dan berbagai platform jual beli lainnya.

Namun, melakukan pembelian secara online lebih beresiko daripada harus datang langsung ke dilernya. Salah satu resiko terbesarnya adalah terjadi penipuan. Contohnya spesifikasi yang tercantum pada deskripsi produk tidak sesuai dengan kenyataan ataupun unit tersebut tidak dikirim ke pembeli. Oleh karena itu, kita sebagai pembeli harus mengerti tips beli mobil secara online agar terhindari dari segala bentuk penipuan.

Berikut ini 6 cara beli mobil secara online yang perlu tahu sebelum melakukan pembeli. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: Cara Cek BPKB Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu!

6 Tips Beli Mobil Secara Online Agar Tidak Tertipu

1. Cek Kredibilitas Penjualnya

kredibilitas penjual

Mengecek kredibilitas merupakan suatu hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan transkasi secara online. Tujuannya untuk membuktikan bahwa penjual tersebut memang seorang penjual atau sales mobil dan bukan penipu. Karena, kebanyakan dari kita lebih tergiur akan harganya, sampai lupa untuk mengecek kredibiltas dari penjualnya.

Cara mengecek kredibilitas penjual pada marketplace bisa dilihat dari review dan bintang pembeli. Kamu juga bisa melihat dari rating tokonya. Semakin bagus rating tokonya maka kemungkinan besar kredibilitas tokonya dapat dipercaya dan semakin jelek rating tokonya maka perlu dipertanyakan kualitasnya.

Sedangkan apabila membeli melalui media sosial, cek reputasi penjualnya dengan banyak bertanya pada grup-grup komunitas otomotif mengenai kualitas dan pengalaman bertransaksi dengan toko tersebut. Apabila situs menggunakan domain sendiri, pastikan kamu mengecek legalitas perusahaannya.

Tentunya, akan lebih aman berbelanja melalui marketplace karena penyedia layanan biasanya menyediakan sistem proteksi yang akan melindungi konsumennya apabila terindikasi mengalami penipuan dari penjual-penjual nakal.

2. Perhatikan Identitas Penjual

Identitas Penjual Mobil

Tips beli mobil secara online berikutnya adalah memperhatikan identitas penjualnya. Penting sekali untuk memperhatikan identitas penjual sebelum melakukan transaksi. Hal ini disebabkan karena tidak semua marketplace merekomendasi penjual yang sudah terpercaya.

Pada umumnya, kamu yang harus memperhatikan identitas penjualnya dengan cara menghubungi penjualnya secara langsung atau mengajak bertemu bila perlu. Apabila kamu kurang paham mengenai dunia otomotif, kamu bisa mengajak teman kamu yang paham mengenai dunia otomotif. Tujuannya agar apa yang disampaikan oleh penjual tersebut bisa dikonfirmasi kebenarannya.

3. Mengecek Sudah Berapa KM Yang Telah Digunakan

cek besaran rpm

Tips beli mobil online berikutnya adalah dengan mengecek besaran KM. Alasan mengecek besaran KM adalah untuk mengetahui seberapa sering mobil tersebut telah digunakan dan untuk memperkirakan kondisi mobil. Semakin besar jarak yang ditempuh, artinya semakin sering mobil tersebut digunakan dan dianggap berisiko mengalami penurunan performa.

Bahkan dalam kondisi tertentu, bisa jadi harus turun mesin. Sebab komponen mesin telah aus karena usia pemakaian terlalu sering sehingga membuat pengemudi menjadi tidak nyaman saat berkendara. Oleh karenanya, ada beberapa pembeli yang sengaja mengecilkan KMnya. Sehingga kamu perlu membawanya ke bengkel resmi untuk mengetahui besaran KM yang sesungguhnya.

4. Mengecek Dokumen Kendaraan

Cek Data Kendaraan Mobil

Tips beli mobil secara online berikutnya adalah mengecek kelengkapan dokumen. Kamu bisa mengajak bertemu langsung dengan penjual untuk membawa dokumen-dokumen kendaraan secara lengkap. Pastikan juga mengenai keaslian dokumen-dokumen tersebut.

Apabila lokasi penjual berada di luar pulau, kamu bisa memintanya untuk mengirimkan scan dokumen-dokumen kendaraan dan melakukan pemeriksaan pada pihak berwajib. Tujuannya untuk memastikan bahwa mobil tersebut bukan mobil curian. Selain itu, untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut tidak telat bayar pajak.

5. Cek Foto Mobil Secara Detail

cek foto mobil secara online

Tips beli mobil online berikutnya dengan meminta penjual untuk mengirim foto bagian-bagian mobil secara jelas dan lengkap jika kamu tidak bisa bertemu secara langsung. Tujuannya, untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut tidak ada yang lecet atau rusak parah.

Alangkah lebih baiknya memang janjian degan penjual untuk bertemu secara langsung. Agar kamu bisa melihat kondisi mobil secara jelas dan lebih detail. Karena umumnya kondisi mobil di foto sedikit lebih baik ketimbang keadaan aslinya.

6. Test Drive

test driver kendaraan

Test drive merupakan suatu hal yang penting dilakukan meskipun membelinya secara online. Tujuannya untuk mengecek kondisi mesin dan merasakan langsung performa serta kenyamanan mobil. Apabila kamu belum terlalu paham mengenai dunia otomotif, kamu bisa mengajak teman, saudara, atau orang yang sudah paham. Alasannya, untuk benar-benar memastikan bahwa performa mesinnya masih bagus dan memberikan penilaian yang objektif.

Nah itu dia, 6 cara membeli mobil secara online yang wajib kamu tahu sebelum melakukan pembeli melalui media sosial atau marketplace. Apabila kamu ingin melakukan modifikasi kaki-kaki mobil agar tampil lebih elegan atau modern, kamu bisa datang ke diler HSR Wheel yang telah tersebar di seluruh Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan