Cara Bikin Velg Mobil Kinclong Setelah Mudik Lebaran

cara bikin velg mobil kinclong

Velg mobil merupakan bagian kaki-kaki mobil yang sering kotor karena debu, atau jamur yang menempel pada permukaan velg. Tidak bisa dipungkiri lagi, setelah mudik lebaran bagian kaki-kaki mobil, seperti ban dan velg mobil menjadi kotor setelah digunakan untuk berpergian. Velg mobil yang kotor membuat pemilik mobil menjadi tidak percaya diri saat memarkirkan kendaraanya di tempat umum.

Oleh karena itu, penting sekali untuk membersihkan kotoran, debu, jamur, kerak, atau karat yang menempel pada velg mobil. Cara membuat velg mobil mengkilap sangat mudah sekali, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sampai berjuta-juta rupiah untuk membersihkan velg mobilmu. Namun, sebelum membersihkan velg mobil, pastikan jenis bahan velg yang akan dibersihkan. Berikut ini cara bikin velg mobil kinclong seperti baru kembali. Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: Cara Merawat Velg Mobil dengan Mudah dan Benar

Cara Bikin Velg Mobil Kinclong

Sebelum membersihkan velg mobil, pastikan jenis bahan yang velg yang akan dibersihkan baik itu menggunakan chrome atau aluminium foil. Berikut ini cara membersihkan velg mobil berdasarkan jenis bahan velg:

Cara Bikin Velg Mobil Bahan Chrome Kinclong

1. Bersihkan Velg Mobil Dengan HSR Formula (Wheel Master)

Cairan Pembersih Velg Mobil

Cairan HSR Formula (Wheel Master) merupakan cairan yang menggunakan formula terbaru untuk membersihkan kotoran, debu, kerak, dan jamur yang menempel pada velg mobil. Selain itu, cairan velg mobil ini juga sangat efektif untuk mencegah oksidasi dan korosi.

Cara menggunakan cairan ini sangat mudah sekali, pertama-tama pastikan velg mobil dalam kondisi bersih dan kering. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih velg ini ke permukaan velg mobil secara merata dengan jarak +/- 20 cm agar tidak terkena mata. Tunggu beberapa menit maka secara otomatis velg mobilmu akan mengkilap seperti sediakala.

2. Cara Mengkilapkan Velg Mobil Dengan Autosol

Autosol pembersih velg mobik

Autosol merupakan salah satu obat metal polish yang berfungsi untuk membersihkan noda kusam, kerak, karat, atau jamur yang menempel pada permukaan velg. Sehingga velg mobil akan terlihat mengkilap kembali. Cara mengkilapkan velg mobil dengan autosol sangat mudah sekali.

Berikut ini cara mengkilapkan velg mobil dengan autosol: Bersihkan velg mobil dari kotoran, jamur, atau karat menggunakan sabun dan tunggu sampai kering. Setelah itu, oleskan autosol pada kerak atau kotoran yang menempel pada permukaan velg dan gosok secara perlahan menggunakan kain microfiber hingga kotoran dan kerak yang menempel pada velg hilang.

3. Cara Mengkilapkan Velg Mobil Dengan Alumunium Foil

Begini cara menghilangkan jamur pada velg chrome menggunakan alumunium foil. Caranya sangat sederhana:

  1. Pertama, bersihkan kotoran, jamur, atau karat yang menempel pada velg mobil dengan sabun cuci mobil biasa dan jika noda sulit dihilangkan bisa tambahkan sedikit cuka atau air garam.
  2. Kemudian gosok alumunium foil secara merata dengan arah maju mundur secara perlahan. Agar lebih efektif, tuangkan air garam atau air biasa pada alumunium foil.
  3. Apabila noda kotoran, jamur, dan karat sudah hilang, cuci velg mobil dengan air bersih kembali,
  4. Kemudian lap permukaan velg mobil dengan menggunakan lap kering atau tissue.

Cara Mengkilapkan Velg Mobil Bahan Alumunium

Velg mobil berbahan aluminium terbuat dari campuran alumunium dan nikel. Sehingga beratnya sangat ringan sekali namun kuat dan tahan banting. Berikut ini cara bikin velg mobil bahan alumunium kinclong kembali:

Bersihkan Velg Mobil Menggunakan Minuman Bersoda

Cara bikin velg mobil mengkilap juga bisa menggunakan minuman bersoda. Berikut ini tips bikin velg mobil menjadi kinclong:

  1. Cuci permukaan velg berbahan alumunium menggunakan sabun sampai bersih. Setelah itu, lap permukaan velg mobil dengan menggunakan kain mikrofiber.
  2. Teteskan minuman bersoda pada permukaan velg mobil yang berkarat atau yang ditumbuhi jamur dan diamkan sampai 20 menit
  3. Gosok permukaan velg mobil menggunakan spon pencuci piring secara perlahan agar semua noda yang menempel pada permukaan velg rontok semua.
  4. Setelah itu, bilas permukaan velg mobil menggunakan air bersih dan tunggu hingga mengering.

Cara Menghilangkan Baret Pada Velg Mobil

Baret pada velg mobil sering terjadi. Penyebabnya bisa karena saat kamu mengendarai mobil pada area bebatuan dan pasir sehingga mengenai permukaan velg dan berbekas. Ketika velg mobil baret maka kamu tidak perlu membeli velg mobil lagi atau melakukan pengecatan ulang.

Kamu cukup membeli compound dengan begitu velg mobilmu akan kinclong seperti semula. Compound adalah cairan bersifat abrasif yang sering digunakan untuk menyamarkan baret atau goresan pada cat mobil. Berikut ini tahapan membersihkan baretan yang ada pada velg mobil:

  1. Bersihkan velg dengan menggunakan air bersih setelah itu lap menggunakan kain kering atau tissue.
  2. Oleskan sedikit demi sedikit compound pada permukaan velg yang baret saja
  3. Gosok velg yang ada baretan menggunakan lap kering hingga baretan hilang
  4. Ulangi sampai velg mobil mengkilap lagi,

Cara Merawat Velg Mobil Agar Tetap Bersih

Velg mobil adalah bagian kaki-kaki mobil yang cepat sekali kotor maupun berkarat. Sehingga perlu sekali untuk dirawat agar tetap tampil kinclong. Berikut ini cara merawat velg mobil:

  1. Selalu bersihkan velg mobil menggunakan lap kering yang berbahan mikrofiber saat terkena air hujan dan genangan banjir.
  2. Jangan membersihkan velg mobil menggunakan bensin karena akan menimbulkan korosi pada velg
  3. Gunakan lapisan wax untuk melindungi velg mobil dari kotoran dan debu.
  4. Lakukan perawatan rutin minimal 6 bulan sekali agar hasilnya maksimal.

Cara Mencuci Velg Mobil Yang Tepat

Selain mengetahui cara membersihkan dan merawat velg mobil. Kamu juga perlu mengetahui cara mencuci velg mobil yang tepat. Agar velg mobilmu tetap kinclong, Berikut ini cara mencuci velg mobil yang benar:

1. Cuci Velg Mobil di Sore Hari

Sore hari merupakan waktu terbaik untuk mencuci velg mobil karena terhindar dari paparan sinar matahari. Dengan begitu, cara ini dapat meminimalisir tumbuhnya jamur pada velg.

2. Bersihkan Velg Mobil Dengan Menggunakan Cairan Khusus

Sebaiknya gunakan cairan khusus untuk membersihkan velg mobil dari kotoran, jamur, atau kerak yang menempel pada velg agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, cucilah velg mobil menggunakan kuas yang halus agar dapat menjangkau bagian dalam velg mobil yang sulit untuk dijangkau dan gunakan kain lap microfiber untuk mengeringkan velg mobil.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan