Cara Cek BPKB Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu!

BPKB Asli Atau Palsu

Membeli mobil bekas memang lebih murah dan relatif menghemat uang. Namun, kamu harus ekstra hati-hati saat membeli mobil bekas. Teliti terlebih dahulu kondisi mobil sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Selain itu, kamu juga wajib cek keaslian BPKB dan STNK.

Biasanya saat membeli mobil bekas, hal pertama yang dilihat oleh pembeli adalah kondisi mobil, seperti mesin. Jika seluruh kondisi mobil sudah oke maka pembeli akan membayar begitu saja tanpa mengecek keaslian dokumen BPKB dan STNK.

Padahal mengecek keaslian BPKB dan STNK sebelum membeli mobil bekas itu sangat penting dilakukan. Apabila terdapat dokumen BPKB dan STNK palsu maka kamu dianggap bukan sebagai pemilik resmi kendaraan tersebut dan otomatis kamu tidak bisa membayar pajak kendaraan saat jatuh tempo. Lantas bagaimana cara cek BPKB asli atau palsu saat beli mobil bekas?

Begini cara cek BPKB mobil asli atau palsu agar kamu tidak tertipu! Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: Estimasi Waktu STNK & BPKB Mobil Baru Terbit

Cara Mengetahui BPKB Asli Atau Palsu

1. Periksa Sampul BPKB

BPKB

Cara mengetahui BPKB asli atau palsu bisa dilihat dari sampulnya. Sampul BPKB asli terlihat mengkilap sedangkan untuk BPKB palsu berwarna pudar.

2. Perhatikan Hologram

Hologram BPKB Asli

Ciri-ciri BPKB Palsu

Cara mengecek BPKB asli atau palsu bisa dengan memeriksa hologram pada halaman pertama BPKB. Untuk yang asli berwarna abu-abu saat terkena sinar ultraviolet. Sedangkan warna hologram BPKB palsu akan pudar berubah menjadi kekuningan saat terkena pancaran sinar ultraviolet. Tidak hanya itu juga, pada BPKB asli terdapat hologram pada halaman terakhir. Sementara untuk BPKB palsu, tidak terdapat hologram pada halaman akhir.

3. Pita Pengaman

Dokumen Kendaraan

Cara cek keaslian BPKB juga bisa dari pita pengaman yang terletak dihalaman tiga BPKB. Sedangkan untuk yang palsu, pita pengaman terdapat pada halaman kedua.

4. Benang Jahitan

Benang Jahit BPKB Asli
BPKB Asli

Benang Jahit BPKB Palsu

Cara cek keaslian BPKB juga bisa dari benang jahit yang terdapat pada halaman BPKB. Untuk BPKB asli, benang jahitannya berwarna, sementara benang jahitan BKPB palsu berwarna putih.

5. Periksa Nomor Seri

Untuk benar-benar memastikan bahwa itu BPKB asli. Kamu juga bisa mengecek nomor seri yang terdapat pada bawah tanda hologram di halaman pertama. Sampaikan nomor seri tersebut kepada pihak polisi untuk mengeceknya karena detail nomor seri tidak dipublikasi untuk umum.

Selain mengecek BPKB mobilĀ  asli atau palsu, kamu juga perlu mengecek STKN mobil tersebut. Berikut ini cara cek STNK asli atau palsu.

Cara Cek STKN Asli atau Palsu

1. Periksa Hologram

Cara cek STNK asili atau palsu bisa dilihat dari hologramnya. Untuk STKN asli, hologramnya terletak pada sisi kanan atas STNK

2. Lubang Tipis-Tipis Pada STNK

Pada STNK asli, terdapat lubang tipis-tipis yang membentuk tulisan STNK. Sedangkan pada STNK palsu, tidak terdapat lubang.

3. Cek Barcode STNK

Cara cek STNK asli atau palsu, kamu bisa scan barcode yang terdapat pada STNK tersebut. Jika STNK tersebut asli, maka akan muncul angka atau identitas pemilik kendaraan. Sedangkan jika STNK tersebut palsu, maka barcode tersebut hanya hiasan saja.

Nah itu dia, cara mengecek BPKB dan STNK asli atau palsu

Baca Juga: Cara Blokir STNK Secara Online

 

 

 

 

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan