Cara Dempul Mobil Biar Tidak Retak

Cara Dempul Mobil Biar Tidak Retak

Dempul Mobil – Untuk kamu yang ingin repair bodi mobil maka kamu perlu melakukan pendempulan. Pendempulan merupakan cara agar bodi mobil yang retak akibat kecelakaan atau tertabrak benda keras dapat mulus kembali sebelum ke tahap pengecatan.

Untuk meratakan bodi mobil yang lecet dan penyok solusinya hanya melakukan pendempulan. Bodi mobil yang lecet setelah di dempul memang tidak akan terlihat lecet, meskipun begitu proses pendempulan mobil tetap akan mengurangi harga mobil kamu. Apalagi jika dilakukan dengan asal maka dempul mobil lama kelamaan akan retak.

Dempul mobil retak dapat disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya karena orang yang mendempul mobil kamu kurang ahli dibidang tersebut. Dempul mobil yang tidak benar juga dapat menyebabkan cat mobil menjadi luntur. Lalu bagaimana cara dempul mobil yang benar agar mobil tidak retak? Pada artikel kali ini HSR Wheel akan membagikan cara dempul mobil agar tidak retak.

Baca Juga: Oli Kompresor AC Mobil Jarang Diganti? Ini Akibatnya!

Cara Dempul Mobil Biar Tidak Retak

Pada umumnya biaya untuk melakukan pendempulan mobil sebesar Rp 300.000 untuk satu panel sedangkan untuk satu full bodi mobil harganya sekitar 4 jutaan. Meskipun itu hanya goresan kecil di mobilmu namun tetap saja harus melakukan pengecetan ulang full bodi agar warnanya sama.

Namun bagaimana jika kita tidak memiliki uang sebanyak itu? Nah, jika kamu tidak memiliki uang sebanyak itu maka kamu bisa reparasi mobil sendiri. Kamu bisa melakukan pendempulan mobil sendiri. Berikut cara dempul mobil yang benar agar hasil akhirnya tidak salah:

1. Siapkan serat fiber sebelum kamu memulai pendempulan.

2. Bersihkan bagian mobil yang akan di dempul dengan meniup menggunakan kompresor atau dicat menggunakan cat dasar. Tujuan dicat adalah untuk mencegah terjadinya korosi sehingga dempulan mobil tidak retak.

3. Campurkan bahan pendempul dengan bahas pengeras. Sebelum mencampurkan maka alangkah baiknya kamu membaca komposisi campuran yang disarankan.

4. Ketika kamu mencampur bahan tadi maka tunggu 25 menit, baru bisa digunakan.

5. Apabila kamu telah melakukan proses pendempulan maka kamu bersihkan hasil dempulan secara bertahap dari amplas kasar sampai amplas finishing atau amplas halus.  Kemudian kamu bisa ulangi pendempulannya jika  masih menemui permukaan yang belum rata atau belum sesuai bentuk mobil.

6. Setelah semuanya selesai maka kamu bisa mempersiapkan proses pengecatan mobil.

Jenis Dempul Yang Perlu Kamu Tahu

Di luar sana terdapat berbagai macam jenis dempul mobil namun kamu harus benar-benar memilih dempul yang baik untuk mobilmu. Jangan sampai kamu salah pilih dempul mobil karena jika kamu salah pilih jenis dempul mobil maka akan membuat mobilmu retak. Tidak hanya itu juga, kamu juga harus tahu karakteristik dempul tersebut. Berikut tiga jenis dempul mobil yang perlu kamu tahu.

1. Dempul Mobil Plastik

Dempul ini merupakan dempul yang memiliki daya kering yang lebih cepat daripada dempul plamir. Untuk menggunakan dempul ini maka kamu harus mencampur dengan plastik terlebih dahulu ditambah dengan pasta pengeras sesuai dengan kebutuhan.

2. Dempul Mobil Plamir

Dempul yang satu ini tidak membutuhkan bahan campuran. Jadi, kamu tinggal oleskan ke bodi mobil yang retak. Meskipun dempul plamir tidak membutuhkan bahan campuran apapun namun dempul plamir membutuhkan waktu pengiringan yang cukup lama daripada dempul yang lain.

3. Dempul Mobil Buatan

Dempul buatan merupakan campuran dengan dempul plamir. Dempul ini memiliki kualitas yang paling rendah dari jenis dempul mobil yang lain, sehingga harganya lebih murah daripada yang lainnya. Apabila mobilmu penyok dan retak maka disarankan jangan menggunakan jenis dempul ini karena akan membuat hasilnya menjadi kurang maksimal.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara dempul mobil biar tidak retak. Selain kamu mendempul bodi mobil maka sebaiknya kamu juga mendempul bagian velg mobil. Namun, ada taktik khusus untuk mendempul bagian velg mobil. Jika kamu merasa takut untuk mendempul mobil maka kamu bisa pergi ke dealer terpercaya dengan mekanik yang sudah terlatih agar hasilnya maksimal.

Kamu bisa baca artikel menarik lainnya: Cat Ulang Mobil Sembarangan, Ini 3 Resikonya!

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan