Tips Otomotif

5 Cara Jaga Mika Lampu Mobil Tetap Bening

Cara Jaga Mika Lampu Mobil Tetap Bening – Lampu depan atau head lamp adalah salah satu komponen terpenting pada mobil. Fungsinya tidak hanya untuk menerangi jalan di malam hari, tetapi memberikan informasi juga mengenai posisi mobil kamu ke pengendara lain.

Karena fungsiny yang penting tersebut, maka perlu perawatan yang tepat agar kondisi lampu tetap optimal. Sama seperti komponen mesin mobil, komponen lampu juga sangat penting untuk menunjang keselamatan penumpang.

Untuk itu, kamu sebagai pemilik mobi perlu mengetahui cara merawat mika lampu dan melakukan perawatan secara rutin dan berkala untuk memberi ketahanan dan keawetan mika lampu. Baik dari sisi kebeningan kaca sampai kehalusan pada permukaan mika. Hal tersebut tentu saja akan memiki dampak pada pencahayaan lampu mobil.

BIasanya, mika lampu pada mobil yang sudah berusia lima tahun keatas akan berubah warna menjadi buram dan tidak bening. Mika lampu menguning tersebut diakibatkan karena kurangnya perawatan dan juga membiarkannya terpapar sinar matahari terlalu lama dalam waktu yang lama.

Cara Jaga Mika Lampu Mobil Tetap Bening

Untuk menghindari lampu mika awet dan tidak cepat menguning, maka dibutuhkan beberapa perawatan yang benar dan dilakukan secara rutin. Untuk mengetahui cara merawat mika lampu agar tetap bening, berikut tipsnya bisa kamu simak di bawah ini :

Hindari Parkir di Tempat yang Panas

Sinar matahari yang panas bisa memberi dampak mika lampu menjadi menguning lebih cepat. Maka baiknya hindari parkir di tempat panas atau jika terpaksa harus parkit di tempat yang panas maka gunakan pelindung mobil untuk melindungi mobil.

Cara Jaga Mika Lampu Mobil Tetap Bening : Gunakan Lampu Standar Pabrik

Setiap mobil memiliki spesifikasi lampu standard pabriknya masing-masing. Jika kamu mengganti lampu dengan watt yang lebih besar, maka bisa mengakibatkan mika lampu menjadi lebih cepat menguning atau buram. Hal tersebu karena panas yang dihasilkan oleh lampu melebihi dari kapasitas yang dibuat untuk mika lampu tersebut.

Maka dari itu, gunakan lampu bohlam yang sesuai dengan standard mobil masing-masing. Jikapun ingin mengganti bohlam lampu, maka gunakanlah lampu yang Watt nya lebih kecil namun tetap memiliki cahaya yang terang.

Gunakan Cairan Anti Sinar UV

Cairan anti sinar UV ini bisa kamu dapatkan di bengkel atau toko sparepart mobil terdekat, karena memang produk ini bayak dijual umum di pasaran. Cairan ini berguna untuk melindungi mika lampu dari sinal UV matahari agar lebih awet dan juga bening.

Cuci Mika Lampu Jika Terkena Hujan

Air hujan sendiri bisa membuat lampu mika menjadi buram. Karena selain air, ada juga kotoran yang bisa membuat goresan pada mika dan membuat buram mika lampu karena kotoran yang masuk ke dalamnya. Sebaiknya ketika mobil terkena air hujan, maka segera cuci lampu menggunakan air bersih. Jangan lupa juga gunakan lap yang lembut ketika mengeringkan mika lampu untuk menghindari terjadinya goresan pada mika lampu.

Gunakan Cairan Khusus

Jika mika lampu sudah terlanjur buram dan menguning, maka kamu bisa menggunakan obat atau cairan khusus untuk bahan mika dan juga plastik dengan dibantu menggunakan amplas halus.

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022