Cara Jumper Aki Mobil Dengan Aman

Cara Jumper Aki

Cara Jumper Aki Mobil – Jumper aki mobil merupakan cara yang bisa dilakukan ketika mobil sulit untuk dihidupkan karena kondisi aki yang sudah mulai melemah. Cara ini merupakan teknik mengalirkan arus listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang sudah mulai melemah.

Walaupun tidak permanen, namun dengan melakukan cara ini, mobil yang mengalami masalah pada aki bisa dihidupkan dan digunakan. Cara ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum yang sering digunakan, namun beberapa pemilik mobil masih bingung cara jumper aki mobil dengan benar.

Cara Jumper Aki Mobil Dengan Benar

Setidaknya ada 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjumper aki mobil dengan benar. Berikut caranya bisa kamu simak di bawah ini :

1. Sediakan Aki atau Mobil yang Masih Sehat

Sebelum memulai jumper aki soak, tentu kamu perlu mencari aki atau mobil pendonor yang masih memiliki aki dengan kondisi listrik baik. Setelah aki atau mobil pendonor sudah ada, silakan siapkan kabel jumper. Jangan gunakan kabel sembarangan dan gunakan kabel jumper yang memang peruntukannya.

2. Dekatkan Aki Pendonor dengan Aki yang Ingin Dijumper

Selanjutnya, perhatikan letak posisi aki dari kedua mobil, entah itu dari sisi pendonor atau yang akan dijumper. Pastikan posisi keduanya sudah berdekatan agar kabel jumper dapat menjangkau keduanya. Lalu kamu perlu memastikan lagi kedua kendaraan sudan dalam kondisi netral atau di posisi P untuk mobil matik dan rem tangan. Dan matikan dahulu mesin mobil pendonor.

3. Pasangkan Kabel Jumper

Ketika langkah dan persiapan sudah selesai, maka mulai pasang kabel jumper di kedua aki tersebut. Pastikan juga ketika memasang kabel jumper sudah sesuai dengan peruntukannya. Posisikan kabel kutub positif untuk dipasang pada kutub positif juga, begitu juga berlaku untuk kutub yang negatif.

Untuk pemasangannya sendiri bebas mau dimulai dari sebelah mana dulu.

4. Hidupkan Kedua Mesin Mobil

Ketika kabel jumper sudah terpasang dengan benar di kedua aki mobil, maka diamkan sebentar untuk sesaat. Setelah itu silakan hidupkan mesin mobil pendonor, diikuti oleh mesin mobil yang mengalami aki soak.

5. Cabut Kabel Jumper Aki

Ketika mobil yang mengalami aki soak sudah hidup, maka langsung saja cabut kabel jumper dari kedua aki mobil tersebut. Untuk melepasnya pun tidak ada aturan khusus dari mana yang harus didahulukan.

Demikian bagaimana cara jumper aki mobil dengan benar dana man. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan