Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel Dengan Mudah

Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Aki mobil merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu kendaraan. Aki mobil yang rusak membuat suatu kendaraan tersebut akan mati dan tidak bisa beroperasi. Hal ini tentu akan sangat berbahaya terutama saat sedang dalam perjalanan.

Oleh karena itu, apabila tiba-tiba mobilmu tidak bisa distarter karena aki mobilnya soak. Solusi tercepatnya dengan melakukan jumper aki mobi. Sebab aki menjadi sumber kelistrikan utama pada mobil.  Namun, sebelum melakukan jumper coba cek terlebih dahulu bagian aki mobilnya. Apabila lampu cukup terang, menunjukkan kondisi aki masih baik.

Namun, jika lampu mobil redup dapat dipastikan bahwa kondisi aki soak yang membuat mobil menjadi mogok dan tidak bisa distarter. Setelah mengetahui penyebab ini, segera lakukan jumper aki mobil agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini cara jumper aki mobil tanpa kabel. Simak ulasan artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman Haiser!

Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Cara Jumper Aki Mobil
Cara Jumper Aki Mobil (Sumber: Duit Pinter)

Cara menghidupkan aki mobil yang mati bisa dilakukan tanpa kabel. Cara ini bisa kamu lakukan apabila tidak memiliki kabel atau power bank untuk jumper mobil. Cara jumper mobil tanpa kabel sangat simple, kamu hanya perlu satu mobil yang masih hidup untuk melakukan jumper aki. Berikut ini langkah-langkah melakukan jumper mobil tanpa kabel.

  • Apabila ada mobil yang sejenis dengan mobilmu, pinjam aki mobil tersebut dalam keadaan mesin masih hidup. Lepaskan terminal dan akinya lalu pindahkan ke mobil. Setelah itu, hubungkan baut terminal aki fresh ke mobilmu. Terrminal berwarna merah ke positif dan warna hitam ke negatif.
  • Tempelkan terminal dan tekan kuat dengan tangan. Minta bantuan satu orang untuk starter mobil.
  • Ketika mobil telah hidup, lepaskan terminal aki yang baru. Jangan sampai ada kabel yang menyentuh body mobil karena dapat mengakibatkan konslet.
  • Pasang aki lama pada mobilmu. Kencangkan terminal. Selama mesin masih hidup maka daya aki akan terisi.
  • Apabila kamu  yakin aki soak, maka segeralah ke diler mobil. Tapi jika aki hanya kurang tenaga, maka cek indikator aki. Akan muncul apakah aki sudah terisi daya atau belum.

Nah itu dia cara jumper aki mobil yang benar. Sehingga apabila mobil kamu tiba-tiba mogok di jalan, kamu tidak perlu khawatir lagi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan