Cara Melepas Aki Dengan Aman dan Benar

Cara Melepas Aki Dengan Aman

Cara Melepas Aki Dengan Aman – Aki mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil itu sendiri. Jika komponen ini mendapatkan masalah, pastinya akan mengganggu beberapa sistem pada mobil. Contohnya seperti tidak bisa starter, terganggunya sistem kelistrikan dan pengapian, dan juga gangguan lainnya.

Untuk itu, ketika ingin melakukan pengecekan biasanya aki mobil akan dilepaskan. Dan untuk melepaskan aki mobil ini, perlu beberapa cara dan harus dilakukan secara benar. Karena jika salah sedikit saja, maka dampaknya malah akan menambah masalah lainnya.

Cara Melepas Aki Dengan Aman dan Benar

Untuk itu, berikut ini tips melepas aki dari mobil secara aman. Untuk ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Lakukan Secara Hati-hati

Aki sendiri merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke seluruh bagian mobil. Jadi tentu saja jika proses pelepasan aki mobil tidak dilakukan secara hati-hati, maka kamu bisa mendapatkan masalah yang lebih besar lagi.

Sistem kelistrikan mobil bisa saja rusak dan akan menimbulkan bahaya lain untuk keselamatan pengendara itu sendiri beserta kendaraannya. Jadi untuk melakukan pelepasan aki dengan aman maka sebaiknya dilakukan secara hati-hati.

Fokus Pada Bagian Kutub Negatif

Layaknya seperti komponen penghantar daya listrik lainnya, aki juga memiliki kutub negative serta kutub positif. Untuk proses awal, kamu perlu fokus dahulu kepada bagian kutub negatif. Kamu juga bisa memulai melepas kabel, baut, dan juga klem yang ada pada bagian kutub negatif.

Lalu, mengapa harus kutub negatif terlebih dahulu? Hal ini dilakukan agar tidak ada hubungan arus pendek yang berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin mobil itu sendiri.

Cara Melepas Aki Dengan Aman : Lepas Bagian Kutub Positif

Jika seluruh bagian kutub negatif sudah terlepas, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berpindah ke sisi kutub positif. Kamu hanya perlu melepaskannya saja dengan mudah, dan jangan lupa pastikan seluruh kabel dan klem telah terlepas semuanya. Jangan sampai ada yang masih tersambung dengan aki mobil kamu.

Angkat Aki Secara Tegak Lurus dan Perlahan

Ketika seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki tidak ada yang terhubung lagi dengan bagian lainnya. Maka kamu bisa memulai untuk mengangkat aki tersebut dari tempatnya. Proses mengangkat aki ini perlu dilakukan secara perlahan dan juga tegak lurus.

Alasan utama proses tersebut dilakukan secara perlahan dan tegak lurus adalah untuk menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Tentu saja kamu tidak menginginkan cairan aki tersebut tumpah lalu mengenai tangan atau bagian lain dari mesin mobil.

Jika sudah berhasil mengangkat aki tanpa tumpah, maka proses pelepasan aki sudah selesai dilakukan. Kamu sudah berhasil melakukan pelepasan aki mobil dengan benar, selanjutnya kamu bisa memulai mengganti aki tersebut dengan yang baru.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan