Kategori: Tips Otomotif

Cara Melepas Aki Dengan Aman dan Benar

Cara Melepas Aki Dengan Aman – Aki mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil itu sendiri. Jika komponen ini mendapatkan masalah, pastinya akan mengganggu beberapa sistem pada mobil. Contohnya seperti tidak bisa starter, terganggunya sistem kelistrikan dan pengapian, dan juga gangguan lainnya.

Untuk itu, ketika ingin melakukan pengecekan biasanya aki mobil akan dilepaskan. Dan untuk melepaskan aki mobil ini, perlu beberapa cara dan harus dilakukan secara benar. Karena jika salah sedikit saja, maka dampaknya malah akan menambah masalah lainnya.

Cara Melepas Aki Dengan Aman dan Benar

Untuk itu, berikut ini tips melepas aki dari mobil secara aman. Untuk ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Lakukan Secara Hati-hati

Aki sendiri merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menyalurkan daya listrik ke seluruh bagian mobil. Jadi tentu saja jika proses pelepasan aki mobil tidak dilakukan secara hati-hati, maka kamu bisa mendapatkan masalah yang lebih besar lagi.

Sistem kelistrikan mobil bisa saja rusak dan akan menimbulkan bahaya lain untuk keselamatan pengendara itu sendiri beserta kendaraannya. Jadi untuk melakukan pelepasan aki dengan aman maka sebaiknya dilakukan secara hati-hati.

Fokus Pada Bagian Kutub Negatif

Layaknya seperti komponen penghantar daya listrik lainnya, aki juga memiliki kutub negative serta kutub positif. Untuk proses awal, kamu perlu fokus dahulu kepada bagian kutub negatif. Kamu juga bisa memulai melepas kabel, baut, dan juga klem yang ada pada bagian kutub negatif.

Lalu, mengapa harus kutub negatif terlebih dahulu? Hal ini dilakukan agar tidak ada hubungan arus pendek yang berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin mobil itu sendiri.

Cara Melepas Aki Dengan Aman : Lepas Bagian Kutub Positif

Jika seluruh bagian kutub negatif sudah terlepas, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berpindah ke sisi kutub positif. Kamu hanya perlu melepaskannya saja dengan mudah, dan jangan lupa pastikan seluruh kabel dan klem telah terlepas semuanya. Jangan sampai ada yang masih tersambung dengan aki mobil kamu.

Angkat Aki Secara Tegak Lurus dan Perlahan

Ketika seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki tidak ada yang terhubung lagi dengan bagian lainnya. Maka kamu bisa memulai untuk mengangkat aki tersebut dari tempatnya. Proses mengangkat aki ini perlu dilakukan secara perlahan dan juga tegak lurus.

Alasan utama proses tersebut dilakukan secara perlahan dan tegak lurus adalah untuk menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Tentu saja kamu tidak menginginkan cairan aki tersebut tumpah lalu mengenai tangan atau bagian lain dari mesin mobil.

Jika sudah berhasil mengangkat aki tanpa tumpah, maka proses pelepasan aki sudah selesai dilakukan. Kamu sudah berhasil melakukan pelepasan aki mobil dengan benar, selanjutnya kamu bisa memulai mengganti aki tersebut dengan yang baru.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

20 menit lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu