Cara Memasukkan Gigi Mobil Dengan Aman & Benar

Gigi Mobil

Salah satu hal yang harus kamu lakukan ketika belajar menyetir mobil adalah bagaimana cara memasukkan gigi mobil. Hal ini perlu dikuasai dengan baik karena berpengaruh terhadap kenyamanan menyetir kamu. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas berbagai tips otomotif untuk memasukkan atau memindahkan Car Gear dengan aman dan benar. Selain itu, kita juga akan membahas kesalahan yang sering terjadi ketika memindahkan transmisi mobil.

Cara Memasukkan Gigi Mobil

Untuk bisa menguasai perpindahan transmisi mobil dengan aman dan benar, maka kamu harus memahami teorinya terlebih dahulu dan kemudian melakukan prakteknya, hal tersebut akan membuat kamu lebih cepat menguasainya.

Berikut beberapa trik cara memasukkan gigi mobil yang baik dan benar :

  • Perhatikan posisi gigi netral yang berada di paling tengah. Apabila posisi tuas Car Gear bisa digerakkan kekanan dan kiri maka itu tandanya bahwa transmisi mobil kamu dalam keadaan netral.
  • Untuk masuk ke gigi satu, kamu hanya perlu menggeser tuasnya ke paling kiri dan dorong ke depan.
  • Untuk gigi dua, kamu harus masuk dari gigi satu lalu tahan tuas transmisi ke bagian kiri & tarik kebelakang secara langsung.
  • Dari gigi 2, kamu bisa masuk ke gigi 3 dengan mendorong tuasnya ke bagian tengah. Geser sedikit kekanan tidak sampai mentok & dorong ke depan.
  • Masuk ke gigi empat, dari gigi tiga kamu hanya perlu menarik tuasnya ke belakang. Maka secara otomatis mobil kamu akan berada di gigi empat.
  • Untuk gigi lima, dari posisi gigi 4 kamu perlu dorong tuas ketengah dan geser ke kanan lalu dorong ke depan. Biasanya gigi lima digunakan ketika kecepatan mobil dalam keadaan optimal.
  • Untuk gigi mundur pada mobil, dapat diakses dari posisi netral dengan cara mendorong tuas transmisinya ke arah kanan kemudian tarik ke belakang.

Kesalahan Saat Memasukkan Transmisi Mobil

Memasukkan Gigi Mobil

Ketika kamu belajar mengemudi menggunakan mobil tipe manual, biasanya akan menjadi tantangan kamu ketika menarik transmisi mobil. Hal tersebut karena memang sebagian orang cukup sulit untuk mengingat dan mengaplikasikan cara-cara untuk memasukkan gigi mobil yang baik dan benar. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari saat mengemudi.

Inilah kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan harus dihindari ketika mengganti posisi transmisi car gear :

  • Hindari untuk meletakkan tangan di atas tuas transmisi, walaupun tak memberi dampak yang terlihat secara langsung. Namun hal tersebut bisa membuat gigi transmisi cepat habis.
  • Terburu-buru saat memasukkan transmisi mobil juga dapat menyebabkan mobil tidak memiliki momentum yang cukup dan dapat mengakibatkan resiko meloncat.
  • Menginjak pedal gas sekaligus mengganti gigi mobil, dapat membuat mobil akan mengalami kekurangan tenaga dalam mendorong putaran mesin yang cukup. Ketika itu dilakukan maka mobil akan kehilangan momentum atas putaran mesinnya dan membuat mobil loncat karena adanya lonjakan RPM secara mendadak.

Beberapa kesalahan diatas sebaiknya perlu kamu hindari semaksimal mungkin karena berkaitan dengan keamanan serta kenyamanan kamu saat berkendara. Memang diperlukan pengalaman untuk mengetahui dan menguasai hal tersebut, namun kamu akan lebih terbiasa dan bisa mengaplikasikannya apabila sudah paham mengenai langkah-langkah serta kesalahan yang perlu dihindari ketika memasukkan gigi mobil

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan