Kategori: Tips Otomotif

Cara Membaca Kode Produksi Aki

Cara Membaca Kode Produksi Aki – Jika kamu ingin membeli aki baru untuk mobil kesayangan, maka kamu perlu waspada dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan kondisi fisik yang terlihat baru dan juga tidak ada kerusakan. Bisa jadi aki yang kamu beli adalah aki yang sudah expired atau bisa dibilang sudah kadaluwarsa. Maka dari itu, sebelum kamu membeli aki, kamu perlu periksa dan perhatikan kode produksi yang terdapat pada fisik aki.

Dan biasanya pabrik aki sudah memiliki prediksi jangka waktu untuk umur aki yang di produksinya tersebut. Karena itulah pada fisik aki selalu tercantum kode yang menunjukan waktu produksi yang juga memiliki penanda tanggal kadaluarsa. Dan perlu diketahui juga, setiap pabrikan aki memiliki kode produksi nya masing-masing. Sebagai contoh yang bisa diberikan, apabila pada fisik aki tercantum angka 190417, itu artinya bahwa angka 19 adalah tanggal produksi, 04 menunjukan bulan produksi yaitu bulan April, dan juga 17 menunjukan tahun produksi yaitu tahun 2017.

Cara Membaca Kode Produksi Aki

Lalu, ada hal lain selain tanggal kadaluwarsa yang harus kamu perhatikan sebelum membeli aki baru, yaitu ketika kamu membeli aki baru sebaiknya pada toko aki yang memiliki tempat penyimpanan yang kering, rapi dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung. Sebab suhu panas dan kondisi tempat penyimpanan yang sembarangan akan berpengaruh terhadap rusaknya sel-sel pada aki.

Komponen yang berfungsi untuk menjadi pemasok arus listrik pada mobil ini normalnya memiliki umur 1,5 hingga 2,5 tahun. Itu juga tergantung kondisi pemakaian pengguna nya seperti apa. Dan juga terhitung sejak pertama kali cairan aki atau biasa disebut dengan air zuur menyentuh sel-sel aki. Untuk itulah ketika membeli aki disarankan yang usia produksinya belum sampai satu tahun, atau rekomendasi yang masih belum sampai 6 bulan pasca produksi. 

Dan yang sangat penting yang harus dilakukan pemilik mobil adalah melakukan pengecekan berkala ketika aki sudah digunakan. Hal tersebut dilakukan agar aki bisa lebih awet dan juga tahan lama. Pastikan cairan pada aki jangan sampai kering yang tentunya akan menyebabkan sel-sel pada aki menjadi mati dan tak bisa digunakan lagi.

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

9 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

15 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

1 hari lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

3 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu