Tips Otomotif

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil Yang Tepat & Lengkap

Cara membaca ukuran ban mobil merupakan hal yang mudah untuk para pencinta otomotif. Namun bagi pemula untuk membaca ukuran ban mobil merupakan hal yang tersulit karena di permukaan ban mobil hanya tercantum kode ban mobil saja. Sehingga membuat para pemula kesulitan untuk memahaminya.

Tapi kamu tidak perlu cemas jika kamu belum bisa membaca ukuran spesifikasi ban mobil kamu. Karena pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membantu kamu agar kamu bisa membaca spesifikasi ukuran yang tertera pada ban mobilmu.

Jadi, simak artikel di bawah ini sampai selesai ya! Jangan di skip!

Baca Juga: Tekanan Ban Mobil yang Ideal Untuk Berpergian

Cara Membaca Spesifikasi Ukuran Ban Mobil

Jika kamu perhatikan pada gambar di atas maka akan tertulis P 185/ 75 R 14 82 S. Berikut cara membaca kode ban di atas:

1. Kode P Pada Ban Mobil

Pada bagian awal tertuliskan huruf P pada permukaan ban. Huruf P ini menunjukkan tujuan penggunaan ban untuk jenis kendaraan. Semisal huruf P yang berarti passenger, artinya ban mobil ini dipakai untuk mobil keluarga bukan untuk mengangkut barang-barang. Jenis mobil yang menggunakan kode P, yaitu mobil SUV, MPV, dan City Car. Jika kamu menemui huruf T diawal itu berarti ban mobil tersebut digunakan sebagai ban mobil cadangan.

Baca Juga: Perbedaan Mobil SUV, MPV dan LCGC

2. Kode Tiga Angka Pertama Pada Ban Mobil

Kode angka di depan pada permukaan ban mobil, yaitu 185 menunjukkan lebar tapak ban mobil dalam satuan mm. Banyak orang yang menyebut tiga kode awal pada ban sebagai diameter ban padahal itu salah. Jadi, 185 itu sebagai lebar ban mobil. Semakin besar angkanya maka akan semakin lebar tapak ban mobil tersebut.

Lebar tapak ban memiliki pengaruh terhadap daya cengkraman mobil dan kecepatan mobil. Semakin lebar tapak ban maka akan semakin nyaman untuk berkendara.

3. Kode Dua Angka Setelahnya

Setelah tiga kode pertama ada kode  75. Kode tersebut menunjukkan rasio ban mobil. Kode rasio berarti tinggi ban mobil terhadap ketebalannya dalam satuan persen. Mudahnya coba kamu amati ban mobilmu dari bibir velg sampai telapak ban menempel pada permukaan jalan. Apabila angka rasionya semakin besar maka jarak antara telapak ban dengan velg mobil semakin jauh.

4. R 14

Kode R disebut juga sebagai radial.  Kode ini menunjukan ukuran velg mobil. Jadi, kode R 14 berarti ukuran diameter velg sebesar 14

Baca Juga: Cara Membaca Ukuran Velg Mobil Agar Tidak Salah Modifikasi

5. Kode 82

Angka 82 pada ban mobil memiliki arti beban maksimum yang ditampung oleh ban mobil. Angka 82 memiliki load index (Indeks beban) sebesar 475 kg. Pada gambar di bawah ini dijelaskan bahwa semakin besar load index maka akan semakin besar bebannya (Load in KG Per Tyre).

6. Kode S Pada Ban Mobil

Pada ban mobil terdapat hurf S pada akhir kode. Huruf S sendiri memiliki arti batas kecepatan maksimun yang bisa ditempuh oleh mobil tersebut. Huruf S pada ban mobil berarti mobil tersebut boleh melaju pada kecepatan maksimum 190 km/jam.

Berikut gambar kode kecepatan maksimum pada ban mobil.

Waktu Pemakaian Ban Mobil

Ban mobil juga memiliki tanggal kedaluwarsa loh bukan hanya makanan saja. Buat kamu para pemilik kendaraan maka kamu wajib banget memperhatikan kedaruwarsa dari ban mobil. Biasanya ban mobil digunakan paling lama 5 tahun. Jika melewati 5 tahun dikhawatirkan komponen karet pada ban mobil akan berubah. Sehingga akan mempengaruhi performa mobilmu.

Untuk tanggal produksinya biasanya tercantum pada dinding ban mobil. Contohnya pada ban mobil tercantum kode produksi 4717. Kode 47 menunjukan bahwa ban mobil diproduksi pada minggu ke-47 dan kode 17 menunjukan bahwa ban mobil diproduksi pada tahun 2017.

Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan umur ban mobilmu. Jadi sebelum tahun 2022 kamu harus sudah ganti ban mobil.

Bagi kamu yang ingin ganti ban dan velg mobil maka kamu bisa membelinya di HSR Wheel. HSR Wheel merupakan toko velg nomor 1 di Indonesia yang telah tersebar di beberapa kota di setiap Provinsi yang ada di Indonesia. Selain membeli velg dan ban baru, kamu juga bisa membeli velg dan mobil bekas pada Bursa Velg Second. Untuk kualitasnya hampir sama dengan yang baru.

Baca Juga: Modifikasi Mobilio Agar Terlihat Lebih Keren

Artikel Terbaru

Simak Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online!

Plat nomor kendaraan merupakan identitas bagi setiap pemilik kendaraan. Dengan adanya nomor polisi atau plat… Selengkapnya

7 Juli 2022

Ini Dia, Cara Ganti Plat Mobil 5 Tahunan & Biayanya!

Plat nomor atau nomor polisi merupakan suatu identitas atas kepemilikan dari suatu kendaraan. Fungsi utamanya… Selengkapnya

7 Juli 2022

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022