Info Velg Mobil

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original – Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan suatu kewajiban. Tujuannya agar kendaraanmu terlihat lebih unik daripada milik orang lain. Untuk mempercantik kendaraan mobilmu. Sering kali, kamu memperhatikan tampilan dari sisi dalam dan luar. Velg merupakan salah satu komponen yang penting agar mobilmu terlihat lebih keren dari sisi luarnya.

Modifikasi velg dapat membantu tampilan luar mobilmu terlihat lebih keren. Namun, sebagian masyarakat salah membeli velg. Mereka sering membeli velg replika atau tiruan karena tergoda dengan harga yang murah. Padahal velg orisinal atau asli tentunya mempunyai build quality yang lebih baik daripada yang replika. Membeli velg replika memang tidak salah namun cukup memiliki beberapa resiko.

Ingin tahu kan, bagaimana cara membedakannya. Yuk baca artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca juga: Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Apa Sih Velg Original Dan Replika Itu ?

Velg replika merupakan velg yang diproduksi hampir mirip dengan aslinya. Mulai dari logo, model, hingga nama velg itu sendiri. Velg replika biasanya dibuat di negara Taiwan.

Velg orisinal merupakan velg yang logo, model, dan nama velg dibuat oleh brand itu sendiri. Tidak ada unsur replika. Karena hasil desain dan produksi dibuat oleh brand itu sendiri. Tentunya untuk velg asli memiliki build quality yang lebih menjamin.

Lalu aman tidak sih jika menggunakan velg replika?

Menurut Direktur Marketing HSR Wheel,  Hendra Wijaya mengatakan bahwa menggunakan velg replika sangat beresiko, bisa mengancam kesalamatan kamu saat berkendara.

Oleh karena itu, jika kamu ingin modifikasi mobilmu. Kamu sebaiknya membeli velg yang original meskipun lebih mahal harganya daripada yang replika. Namun keselamatan kamu lebih terjamin.

Bagaimana cara membedakan velg asli dengan tiruan atau replika? Yuk cari tahu lebih dalam lagi!

Baca juga: Pentingnya Asuransi Mobil untuk Menghindari Kantong “Boncos”

Perbedaan Velg Original dan Replika

1. Perhatikan Kualitas Velg

Biasanya untuk kualitas velg yang replika itu mudah penyok jika melewati jalanan yang berlubang, kurang rapi, dan kualitasnya tidak sekuat seperti yang aslinya. Meskipun keduanya dibuat dari bahan aluminium alloy.

Namun untuk proses pembuatannya untuk yang replika tidak sedetail dengan yang aslinya, seperti daya tahan untuk menahan beban, daya tahan terhadap benturan, dan lain sebagainya.

2. Warna Velg

Mungin untuk warna velg yang replika dan orisinal terlihat hampir sama dalam sekilas namun jika kamu amati baik-baik akan terlihat sangat berbeda dengan yang aslinya.

Untuk velg yang replika biasanya warnanya akan cepat pudar. Hal ini karena bahan baku yang digunakan untuk mengecat berbeda. Selain bahan baku cat yang berbeda, proses pengecetan dan komposisinya juga berbeda.

3. Desain & Finishingnya

Velg yang orisinal dan replika untuk desainnya memang terlihat hampir sama namun terdapat beberapa perbedaan yang sangat menonjol.

Desain velg replika biasanya tidak simestris, tidak seperti yang velg orisinal dan untuk proses finishingnya kurang rapi daripada yang aslinya.

4. Harga Velg Original dan Replika

Harga velg replika tentunya lebih murah daripada velg yang orisinal.

5. Perhatikan Tulisan “Made in” Pada Velg

Untuk velg orisinal tentu terdapat tulisan made in negara pembuat velg namun untuk velg yang replika tidak terdapat tulisan made in.

Selain itu, terdapat kode produksi pada velg asli sedangkan pada velg replika tidak ada kode produksinya atau polosan.

6. Bobot Velg

Velg yang orisinal lebih ringan daripada yang replika. Untuk velg yang orisinal, semakin besar dimensinya maka semakin ringan bobot velgnya. Sedangkan untuk velg replika, semakin besar dimensinya maka semakin berat bobotnya.

Sekarang kamu sudah mengerti kan bagaimana membedakan velg original dan replika. Untuk kamu yang ingin membeli velg original dan kualitasnya terbaik kamu bisa membelinya ke HSR Original. HSR Original merupakan brand velg mobil asli Indonesia.

HSR Original merupakan bagian dari HSR Wheel khusus untuk velg orisinal dari HSR. Untuk saat ini, HSR Original telah mempunyai beberapa series velg dengan desain asli yang dibuat dan diimplementasikan oleh tim R&D dari HSR Wheel itu sendiri.

Jadi, kalau ada yang orisinal seperti HSR Original kenapa harus milih velg yang replika. Iya kan?

 

 

 

 

 

Artikel Terbaru

Mobil Termurah di Indonesia Cuma 100 Juta

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil termurah di Indonesia pada masa kini. Daihatsu Alya… Selengkapnya

28 Mei 2022

Rekomendasi Velg All New Avanza Agar Tambah Gahar

Avanza merupakan salah satu mobil idaman bagi masyarakat Indoesia. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap,  Harga… Selengkapnya

28 Mei 2022

Sunroof Bocor? Apa Sebabnya?

Sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak di atap mobil. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari… Selengkapnya

27 Mei 2022

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi… Selengkapnya

26 Mei 2022

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan… Selengkapnya

26 Mei 2022

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022