Cara Membersihkan Jok Mobil yang Benar

Cara Membersihkan Jok Mobil

Yooo Haiser, apa kabar hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara membersihkan jok mobil nih. Haiser semua pasti merasa risih kan jika kondisi kabin mobil tidak terawat, berdebu, kotor, hingga berbau. Melakukan perawatan pada kendaraan sendiri memang sangat penting dilakukan untuk menunjang kenyamanan penumpang di dalamnya selama perjalanan.

Terutama pada bagian jok mobil yang memang menjadi penunjang kenyamanan utama di dalam mobil. Daripada Haiser melakukan penggantian jok mobil, alangkah lebih baiknya kamu memahami cara membersihkan jok mobil dan juga peratannya. Penasaran kan bagaimana caranya?

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, jok mobil sendiri terbagi menjadi 3 jenis bahan. Mulai dari material kulit, fabric, hingga tenun. Tentu saja membersihkan 3 jenis material tersebut berbeda-beda dan ad acara khususnya tersendiri. Berikut untuk mengetahui cara lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Cara Membersihkan Jok Mobil Kulit

Untuk Haiser semua yang menggunakan material kulit pada jok mobilnya, perlu mengetahui cara membersihkannya. Karena memang untuk bahan premium seperti ini perlu perhatian lebih ekstra, hal tersebut dikarenakan harganya yang relatif mahal. Untuk sisi perawatannya juga cukup rumit, berikut bahan yang perlu Haiser kumpulkan untuk melakukan pembersihan jok mobil kulit.

  • Vacuum Cleaner
  • Sabun Deterjen Khusus
  • Fabric Lap Lembut
  • Ember
  • Busa Spons
  • Kondisioner

Apabila semuanya sudah lengkap, maka kita akan memulai proses pencucian :

  1. Langkah pertama yang perlu Haiser lakukan adalah bersihkan jok mobil kulitmu dengan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu, kotoran, remahan makanan, ataupun hal lainnya.
  2. Setelah itu siapkan ember lalu isi dengan air dan sabun deterjen khusus. Dan masukkan busa spons ke dalam ember berisi deterjen tersebut.
  3. Jangan lupa peras dahulu spons tersebut sebelum menggosok permukaan jok agar tak terlalu basah. Untuk menggosoknya sendiri lakukan secara perlahan agar seluruh bagian jok menjadi bersih.
  4. Apabila sudah, gunakan lap fabric yang lembut lalu celupkan ke air bersih. Usap secara pelan lap fabric yang basah ini ke permukaan jok agar membersihkan sisa deterjen dan kotoran yang menempel.
  5. Langkah terakhir, usapkan kondisioner yang bertujuan untuk menjaga bahan kulit tidak cepat rusak.

Cara Membersihkan Jok Mobil Material Fabric

Selanjutnya adalah kita akan membersihkan jok mobil yang terbuat dari bahan fabric. Bahan ini mungkin banyak digunakan oleh mobil-mobil konvensional di Indonesia, karena memang bahan fabric ini memiliki tingkat kenyamanan optimal untuk penumpang yang mendudukinya. Untuk membersihkan jok dengan bahan fabric ini, kamu perlu menyiapkan beberapa alat berikut ini :

  • Deterjen Cair
  • Vacuum Cleaner
  • Handuk atau Lap Fabric
  • Ember
  • Spons

Setelah semua alat sudah terkumpul, maka masuk ke proses pembersihan :

  1. Langkap pertama yang perlu Haiser lakukan adalah membersihkan kotoran dan juga debu yang menempel dengan menggunakan vacuum cleaner. Hilangkan juga kotoran lain yang menempel seperti remahan makanan, dan lainnya.
  2. Siapkan ember lalu isi dengan air panas dan juga tuangkan deterjen cair ke dalamnya, untuk banyaknya deterjen secukupnya saja.
  3. Apabila sudah, maka rendam spons di dalam ember. Lalu gosokkan spons secara perlahan pada jok mobil. Usahakan jok jangan sampai basah kuyup dan gosok secukupnya saja.
  4. Siapkan handuk yang sudah dibasahi dengan air bersih, lalu gosokkan pada jok mobil untuk membersihkan sisa deterjen cair yang menempel

Cara Membersihkan Jok Berbahan Tenun

Membersihkan jok mobil dengan material tenun sedikit berbeda dengan material lain. Alat yang perlu kamu siapkan sebagai berikut :

  • Sabun Deterjen Khusus
  • Ember
  • Botol Penyemprot Bekas
  • Sikat Berbulu Halus
  • Lap Fabric

Setelah semua peralatan siap, maka saatnya kamu memulai pembersihan :

  1. Siapkan ember lalu isi air dan tambahkan sabun deterjen khusus. Setelah air dan sabun ini tercampur dengan sempurna, maka masukkan campuran tersebut ke dalam botol penyemprot.
  2. Semprotkan campuran sabun tadi kea rah jok mobil dengan radius 15-20 cm. Setelah itu gosokkan dengan sikat halus dengan cara yang halus juga, jangan sampai menggosok dengan kasar karena dapat merusak bahan tenun pada jok.
  3. Setelah semua permukaan jok sudah digosok, maka selanjutnya adalah tahap pembilasan. Basahi fabric halus dengan air bersih, lalu bilas jok dengan lap fabric ini hingga kotoran dan bekas deterjen dapat terangkat dengan sempurna.

Dan itu di acara membersihkan jok mobil sendiri dengan benar dan tak merusak material jok. Lakukan langkah di atas dengan benar dan tepat sesuai dengan bahan material jok mobil kamu agar mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat untuk Haiser semuanya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan