Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Aman & Benar. Simak!

Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Aman

Mesin mobil merupakan komponen yang memegang peran penting dalam berkendara dan sangat sensitif terhadap air. Sebab apabila terkena air akan membuat kerusakan pada beberapa komponen. Oleh karenanya, banyak orang yang memilih untuk tidak membersihkannya.

Padahal penting sekali untuk membersihkan mesin karena untuk menjaga komponen-komponen di sekitarnya agar bisa bekerja dengan maksimal. Namun, kamu harus ekstra hati-hati dalam membersihkan komponen mesin khususnya bagian elektrikal yang berisiko mengalami konsleting saat terkena air.

Berikut ini cara membersihkan komponen mesin mobil dengan benar dan aman, Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: 9 Penyebab Turun Mesin Mobil & Biayanya!

Cara Membersihkan Mesin Mobil

Tips Membersihkan Mesin Mobil
Tips Membersihkan Mesin Mobil

Membersihkan mesin mobil tidak boleh sembarangan menggunakan air atau sabun pencuci. Sebab akan menimbulkan kerusakan. Oleh karenanya, sebelum membersihkan komponen mesin penting sekali untuk mengenali bagian mana yang sensitif dengan air. Setelah itu, tutup bagian yang benar-benar sensitif dengan air menggunakan plastik atau minimalnya terlindungi dari cipratan air. Berikut ini cara aman membersihkannya:

  • Siapkan cairan pembersih mobil, seperti Waxco Anti Rust Engine Degreaser. NanoTECH Protection Ultimate Degreaser, Prestone Radiator Flush Cleaner, atau Megacools Full Penetrate.
  • Lindungi bagian-bagian komponen mesin mobil yang sensitif air dengan plastik atau pembungkus yang anti air.
  • Sebelum membersihkan komponen mesin maka bersihkan bagian bawah kap mesin terlebih dahulu. Apabila bagian ini dikerjakan terakhir, maka kotorannya akan jatuh ke atas permukaan mesin yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Pastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan dingin. Apabila telah digunakan, tunggu sampai 30-45 menit agar mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.
  • Mulai bersihkan mesin mobil dengan cara cairan pembersih yang dicampur dengan air lalu diusap perlahan menggunakan kain microfiber. Apabila menggunakan metode disemprot dikhawatirkan akan mengenai bagian yang sensitif terhadap air, jadi sebaiknya dihindari.
  • Setelah itu, pastikan semua bagian mesin yang telah dibersihkan benar-benar kering. Agar tidak ada cairan yang menempel sehingga bisa menimbulkan malfungsi kelistrikan.
  • Hidupkan mesin mobil. Pastikan bagian kap mesin dalam keadaan terbuka agar air-air yang tersisa mudah menguap. Apabila saat menghidupkan mesin, posisi kap mesin mobil dalam keadaan tertutup, kemungkinan besar kelembapan menempel dan menimbulkan jamur.

Nah itu dia, cara membersihkan mesin mobil yang aman. Apabila kamu takut untuk membersihkannya, bawa saja kendaraanmu ke bengkel terdekat di kotamu. Selain membersihkan mesin mobil, jangan lupa untuk merawat bagian komponen mesin mobil agar performa mesin tetap optimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan