Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Menyimpan Arus

Cara Memperbaiki Aki Kering

Salah satu masalah yang sering terjadi bagi pemilik mobil adalah belum mengetahui bagaimana cara memperbaiki aki kering yang tidak bisa menyimpan listrik. Ketika aki kering tidak bisa menyimpan setrum, maka secara otomatis komponen kelistrikan yang ada di dalam mobil tidak akan mendapat pasokan listrik sama sekali.

Masalah ini tentu saja sangat merepotkan bagi pemilik mobil karena sistem kelistrikan yang ada pada mobil tidak bekerja secara maksimal. Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara memperbaiki aki kering yang tidak menyimpan listrik.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar fungsi aki kering bisa kembali normal kembali.

1. Lepas/Putuskan Hubungan Arus di Aki

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melepas atau memutuskan arus yang ada di aki. Caranya adalah dengan melepaskan kedua kabel, pertama dari positing lalu ke negatif. Lakukan langkah ini dengan hati-hati dan sesuati urutan agar tidak ada masalah arus pendek. Apabila sudah dilepas, keluarkan aki kering dari tempatnya.

2. Buka Penutup Aki

Sekarang buka penutup aki kering, lalu buka juga penutup karetnya. Apabila semuanya sudah terbuka, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Isi dengan Air Zuur

Kemudian siapkan air zuur dan juga alat suntikan. Caranya, kamu bisa langsung saja masukkan air zuur tersebut ke suntikan. Lalu suntikkan air zuur tersebut ke arah lubang aki. Pastikan juga volume pengisian berada di antara batas yang cukup. Apabila terlalu berlebihan, maka hal tersebut dapat memicu kerusakan lain pada aki mobil.

4. Tutup Aki Kembali

Jika sudah, silakan tutup kembali aki mobil secara rapat. Pastika  penutup karetnya sudah terpasang dengan benar dan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

5. Pasang Kabel Aki

Kemudian kamu bisa memasang kembali aki mobil yang terlepas. Langkah pemasangan perlu diperhatikan agar tidak ada arus pendek yang terjadi. Pastikan kabel positif dan negatif telah terpasang dengan sempurna agar arus listrik dapat mengalir secara optimal.

6. Hidupkan Mesin Mobil

Langkah teakhir adalah kamu bisa mencoba untuk menghidupkan mesin mobil. Ketika menyalakan mesin mobil, perhatikan RPM stationer tidak berada di bawah 600 RPM. Apabila RPM berada di bawah 600, maka pengisian daya aki masih belum maksimal. Sebaliknya, apabila sudah di atas 600 RPM, maka kamu sudah berhasil untuk memperbaiki permasalahan ini.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan