Cara Mengatasi Rem Blong Setelah Menerobos Banjir

Cara Mengatasi Rem Blong

Cara Mengatasi Rem Blong – Tahukah kamu, bahwa saat kamu menerobos genangan banjir dengan mobil, maka akan timbul permasalahan seperti rem blong. Hal ini masih jarang diketahui oleh banyak pengguna mobil, bahkan tak sadar apabila mobilnya mengalami rem blong setelah menerobos banjir. Hal ini ternyata memang cukup sering terjadi, maka dari itu pengemudi mobil harus tetap waspada agar meminimalisir hal yang tak diinginkan terjadi.

Dikutip melalui Cnnindonesia.com, Workshop Head Isuzu Astra Biz Centre BSD, Sanusi, menjelaskan, rem mobil akan kehilangan daya cengkeramnya apabila komponen ini mengalami kebasahan seperti terendam banjir. Karena rem apabila terkena basah menjadi tidak menggigit, maka dari itu ada baiknya jangan langsung ngebut, anggaplah ketika melewati genangan, rem mobil kamu ada masalah.

Cara Mengatasi Rem Blong

Dan untuk melakukan pencegahan hal yang tak diinginkan, ada beberapa hal yang perlu pengendara lakukan setelah melewati genangan banjir. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Injak Pedal Rem Beberapa Kali

Poin pertama ini biasa disebut oleh banyak orang adalah kocok rem mobil. Dan ketika mobil kamu melewati genangan air yang lumayan tinggi, maka sistem pengereman akan memiliki perbedaan dari normal. Genangan air sendiri dapat mengakibatkan banyak kotoran masuk ke dalam rem dan mengakibatkan komponen menjadi kurang pakem. Maka dari itu, untuk mengatasinya adalah kocok dahulu rem mobil setelah terkena air.

Sembari berjalan perlahan, kocok rem dengan cara menekan pedal rem beberapa kali untuk memanaskan kondisi rem agar dapat berfungsi dengan normal kembali.

2. Jangan Ngebut

Setelah ban mobil dan juga rem terendam air, maka kamu sebagai pengemudi jangan paksa untuk ngebut. Pastikan dahulu apakah rem mobil masih bekerja dengan optimal atau tidak. Jalankan mobil dengan kecepatan rendah agar kamu bisa merasakan daya cengkeram dari mobil dengan baik. Rasakan gigitan rem dengan menginjaknya perlahan-lahan.

3. Cuci Rem Dengan Air Bersih

Setelah kamu sampai di rumah, maka ada baiknya bagian sistem pengereman dibilas dengan air bersih. Atau kamu bisa membawa mobil kamu ke tempat pencucian mobil untuk menghilangkan kotoran yang menempel di komponen. Perlu diingat, kotoran dari genangan air ini dapat mengakibatkan bagian piringan atau disc brake berkarat. Bahkan bisa terkikis karena banjir sendiri mengandung kerikil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan