Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara Mengemudi Mobil Manual – Saat ini masih banyak dari para pengemudi mobil yang merasa kewalahan ketika terjebak macet di tanjakan yang curam. Terutama bagi pengemudi yang berkendara dengan mobil transmisi manual. Kemungkinan besar mobil akan tidak kuat untuk menanjak pada saat harus berjalan. Terlebih apabila sang pengemudi masih dalam tahap belajar atau pemula untuk mengendalikan mobil manual. Mungkin momen berhenti di tanjakan adalah hal yang cukup membuat panik.

Dikutip dari laman resmi otomotif.kompas.com, ada baiknya khusus pengemudi yang masih pemula untuk menggunakan jasa kursus mobil. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menjadi ahli ketika mengemudikan mobil manual. Ketika sudah ahli dalam mengemudi, rasa panik dan feeling dalam mengemudi pun akan didapatkan.

Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebagai pengemudi mobil manual pada saat ingin menanjak di jalan tanjakan. Pada saat ingin menanjak, penting sekali untuk kita semuanya agar mendapatkan bitting point. Karena pada saat ditanjakan, terdapat gravitasi yang dapat menarik mobil ke arah belakang dan juga tenaga mesin yang mendorong kita maju ke depan. Dan disaat yang bersamaan, mobil juga akan ditahan oleh rem mobil.

Jadi intinya adalah kamu sebagai pengemudi harus membuat mesin mobil bisa mengalahkan gravitasi, ketika dirasa mesin sudah sanggup melawan gravitasi maka silakan lepas penahan atau rem mobil.

Baca Juga : Cara Mengerem Mobil Dengan Benar

Di beberapa kondisi bitting point memang sudah didapatkan, namun sayangnya terlambat untuk menurunkan rem tangan atau kopling mobil diangkat terlalu tinggi sehingga mesin mobil menjadi mati. Jadi, yang perlu diketahui adalah di mana posisi bitting point mobil kamu.

Pada saat mengemudi di jalan yang menanjak, ada baiknya tidak menggantung kopling atau bermain setengah tuas kopling. Hal ini dapat mengakibatkan kampas kopling menjadi lebih cepat aus. Manfaatkan rem tangan atau rem kaki hanya untuk alasan keamanan agar kopling mobil bisa menjadi lebih awet.

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan mobil secara rutin sesuai jadwal yang tertera di buku panduan untuk menghindari komponen mesin mobil yang tidak terdeteksi alami kerusakan. Segera lakukan penggantian komponen apabila terjadi kerusakan untuk meningkatkan keamanan pada saat berkendara. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan